TOBA - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si melalui Pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerima bantuan dari organisasi kemasyarakatan Pengurus Horas Bangso Batak (HBB) diserahkan Ketua DPD Sumut Thompson Parapat, Minggu (16/10/2022). Atas pemberian bantuan kemanusiaan Hiras Bangso Batak (HBB) Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Taput Frisca Sianturi didampingi perwakilan TNI-Polri serta mewakili Posko Tanggap Bencana mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterima dan secepatnya akan segera disalurkan bagi masyarakat. 
 
"Terimakasih atas keperdulian kemuasiaan seluruh pengurus dan anggota Horas Bangso Batak se-Indonesia terhadap masyarakat Tapanuli Utara. Ini akan kami laporkan kepada pimpinan untuk segera disalurkan," ucap Friska Sianturi.
 
Bantuan yang diserahkan pengurus HBB kepada masyarakat berupa beras, minyak goreng, gula, mie instant, telur dan ikan asin.
 
Thompson Parapat dalam sambutannya menyebutkan selain bantuan sembako yang diserahkan saat itu, HBB juga telah menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan langsung kepada masyarakat Pahae Jae korban gempa bumi berupa bahan material 50 zak semen. 
 
 
"Pasca tragedi gempa bumi berkumatan 6,0 SR menguncang Kabupaten Taput dan mengakibatkan ribuan rumah penduduk rusak dan ratusan rumah ibadah runtuh berikut berbagai sarana prasarana pemerintah dan swasta di masyrakat rusak, HBB seluruh Indonesia merasa terpanggil untuk peduli dan ikut berpartisipasi untuk membantu dan mwringankan beban para korban bencana alam gempa di Tapanuli Utara," ujarnya.
 
"Makkuling do mudar ni Bangso Batak nahumaliang di portibion khususnya Indonesia tarlumobi ma HBB (Horas Bangso Batak sada organisasi kesukuan di halak Batak (naluri suku Batak yang ada di Dunia khususnya di Indonesia langsung terdorong khususnya Horas Bangso Batak (HBB) selaku organisasi masyarakat Batak untuk membantu sesama yang terkena musibah," ujarnya.
 
Oleh karenanya, Ketua Umum DPP Lamsiang Sitompul,S.H,M.H didampingi Luhut Situmorang,SH sebagai Sekum DPP mengucapkan terima kasih kepada semua saudara-saudari Bangso Batak yang telah ikut serta memberikan sumbangaih donasi Kemanusiaannya melalui HBB untuk dibedikan kepada warg Taput korban gempabumi di beberapa waktu lalu.