SAMOSIR - Bank Indonesia (BI) Sumut menggelar kegiatan capacity building wartawan ekonomi dan bisnis Kota Medan. Hal ini untuk mendorong komunikasi kebijakan Bank Indonesia kepada publik dengan lebih efektif dan juga transparan. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi saat membuka acara capacity building wartawan ekonomi dan bisnis Kota Medan di Samosir, Sabtu (15/10/2022) mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan efektifitas dan transparansi informasi publik, Bank Indonesia memberikan semua informasi yang relevan kepada publik terutama terkait perkembangan ekonomi terkini dan implementasi kebijakan Bank Indonesia secara terbuka, jelas, dan tepat waktu. 
 
"Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran serta rekan-rekan media khususnya wartawan ekonomi dan bisnis Kota Medan yang menjadi mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara," ujarnya. 
 
Penyelenggaraan Capacity Building yang berlangsung 14 hingga 16 Oktober ini mengusung tema 'Wujudkan Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan yang Profesional Melalui Digitalisasi' dengan menghadirkan narasumber, Difi Johansyah, Komisaris Utama PT. Finnet Indonesia dan Qaris Tajudin, Direktur Tempo Institute.
 
"Tema ini dipilih sebagai upaya untuk senantiasa mendukung kompetensi wartawan agar dapat terus meningkatkan kualitas pemberitaan dan memperkaya informasi, pengetahuan, dan ilmu para rekan wartawan khususnya terkait dengan isu-isu terkini. Besar harapan kami melalui kegiatan ini dapat memperkuat pesan-pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat," ujar Doddy Zulverdi.
Di samping itu, capacity building yang diikuti 61 wartawan ini juga diharapkan sebagai media refreshment bagi rekan wartawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. 
 
"Harapannya dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat bermanfaat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan rekan-rekan dan memberikan banyak pemberitaan yang bersifat edukatif dan informatif bagi publik," sambungnya.
 
Secara umum lanjutnya, ada 2 topik pembelajaran yang akan diberikan kepada rekan-rekan media sebagai peserta capacity building yaitu terkait “Digital Ekonomi: Peran Wartawan dan Perkembangan Digitalisasi Sistem Pembayaran dalam Praktek Saat Ini”, yang akan disampaikan Difi Johansyah (Komisaris Utama PT Finnet Indonesia), sebagai salah satu pelaku pada Digital Payment.
Serta “Economics Writing: Teknik Menulis Berita yang Menarik untuk Wartawan Ekonomi dan Bisnis”, yang akan disampaikan Qaris Tajudin (Direktur Tempo Institute), sebagai salah satu media terkemuka nasional.
"Kami berharap rekan-rekan media sekalian dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh informasi dan pengetahuan secara optimal.Kami berharap para mitra wartawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dapat terus menghasilkan pemberitaan yang berkualitas, informatif, dan edukatif bagi publik untuk turut membantu mengembangkan kapasitas SDM nasional yang Unggul dan berkualitas menuju terwujudnya Indonesia maju," pungkasnya.