TOBA - Bupati Toba, Poltak Sitorus menerima audiensi pengurus Forki Toba dan para karateka Forki Toba yang berhasil meraih medali juara di event kejuaraan karate tingkat Propinsi dan Kejuaraan Karate Tingkat Nasional, Kamis (13/10/2022). Hadirnya rombongan ini, Ketua Umum Forki Toba Tonny M Simanjuntak (Wakil Bupati Toba) didampingi Ketua Harian, Marimbun Marpaung, Sekretaris Umum, Bona Nainggolan, Wakil Bendahara Umum, Henry Napitupulu, Binpres (Bina Prestasi) Forki Toba Rintar Napitupulu, Charles Napitupulu dan dewan Penasehat Forki Toba Beduan Siahaan serta para atlet karateka peraih medali juara didua aliran karate yang berbeda.

Dalam pertemuan tersebut, Tonny M Simanjuntak menyampaikan beberapa prestasi yang berhasil diraih karateka Forki Toba di tingkat propinsi hingga nasional, serta persiapan menghadapi kejuaraan Porpropsu (Pekan Olah Raga Propinsi Sumatera Utara) yang akan di gelar tanggal 29 Oktober sampai 6 November 2022 di Medan.

Ia juga menyampaikan beberapa kegiatan yang akan diikuti karateka Forki Toba untuk menghadapi Kejurda Sumut 2022, Pra PON 2023 dan PON 2024 yang akan digelar di Kota Medan dan Aceh serta mempersiapkan 2 karateka Toba yang berhasil meraih prestasi di Kejurnas Forki 2022 Padang dan nantinya atlet Toba hasil Kejurnas Forki 2022 akan menjadi salah satu atlit karate Indonesia di ajang Karate World Championship di Uzbekistan pada November 2022 yang akan datang.

Untuk memenuhi semua itu, ia meminta perhatian dan dukungan Pemkab Toba dalam upaya pembinaan prestasi para atlet dan pelatih yang tergabung dalam Forki Kabupaten Toba.

Beberapa prestasi juara yang berhasil diraih karateka Forki Toba, di antaranya, meraih 15 medali dengan rincian 6 emas, 4 perak dan 5 perunggu pada Kejurda Forki Sumut 12-14 September 2022 di GOR Mini Futsal Pancing Medan.

Meraih dua medani pada Kejurnas Forki piala Ketua Umum PB Forki Tahun 2022 tanggal 3 - 6 Oktober 2022 di Padang Sumatera Barat. Meraih 2 medali emas pada kejuaraan nasional full body contact Kick Boxing di Batam.

Senada dengan Ketua Umum Ketua Harian Forki Toba Marimbun Marpaung menyebutkan dalam dunia olahraga karate, Kabupaten Toba salah satu daerah di Indonesia pencetak karateka berprestasi yang yelah berhasil meraih juara ditingkat Propinsi, nasional hingga dunia Internasional di Dua Aliran Karate yang berbeda (Non Contact dan Full Body Contact).

Sehingga tidak berlebihan jika Kabupaten Toba layak menjadi salah satu cabang olah raga unggulan binaan Pemerintah Daerah Kabupaten Toba sebagai salah satu cabang olah raga peraih prestasi dan menjadi kebanggaan pemerintah, dengan berbagai prestasi yang telah ditorehkan.

Tentunya dengan dukungan pendanaan yang lebih layak dalam hal pembinaan, pengadaan sarana prasarana pendukung dan dana biaya keberangkatan atlit dan timnya dalam mengikuti berbagai even even kejuaraan Karate.

Lanjutnya, sebagaimana yang di amanahkan UU Keolahragaan RI Nomor 11 tahun 2022 Bab VII tentang : Pengelolaan keolahragaan, pada pasal 35 ayat 2 menyebutkan : Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota wajib mengelola paling sedikit 2 (Dua) Cabang Olahraga unggulan yang bertaraf Nasional dan/atau Internasional.

Dalam hal ini tentunya Koni Toba selaku induk cabang organisasi olahraga di daerah Kabupaten Toba harus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah deerah, dalam hal memenuhi amanah UU.

Marimbun juga berharap kegiatan kejuaraan yang akan diikuti karateka Toba ke depan mendapat dukungan moril dan materil dari pemerintah kabupaten Toba membantu dan mendukung biaya pendanaan atlet atlet dan pelatih untuk mengikuti kejuaraan dan persiapannya diantaranya, Porprovsu, Pra-PON, Kejurnas, PON dan Kejuaraan karateka di Uzbekistan tahun 2022.

Menyikapi hal tersebut, Poltak Sitorus berjanji akan segera memanggil Koni untuk melakukan klarifikasi dan koordinasi terkait beberapa hal keluhan yang disampaikan Forki Toba dan duduk bersama melakukan rapat.

Ia juga mengapresiasi capaian prestasi yang diraih dan meminta para karateka Toba tetap semangat untuk meraih prestasi juara. Sementara terkait beberapa kebutuhan dan keperluan atlet karateka Toba yang akan mengikuti kejuaraan kedepan akan diupayakan dipenuhi.

Usai sesi foto bersama di halaman depan kantor Bupati saat ditanya wartawan Poltak berjanji akan memberikan bonus kepada atlit peraih medali juara berikut kepada para Pelatih.

Disebutkan Bupati Poltak, untuk karateka peraih medali emas akan memdapatkan bonus Rp4 juta, medali perak Rp2 juta dan perunggu Rp 1 juta dan untuk para pelatih Rp4 juta dan bupati berjanji akan hadir untuk menyaksikan karateka Forki Toba di ajang Porpropsu (Pekan Olahrag Sumatera Utara) pada 29 Oktober hingga 6 November 2022.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam Audenai Forki Toba Asisten Administrasi umum, Verry S Napitupulu, Asisten perekonomian dan pembangunan, Jhonny DP Lubis, Plt.Kadiskominfo Sesmon TB Butar Butar, Kabag Protokol dan komunikasi pimpinan, Try Sutrisno Pandapotan Samosir.