TOBA - Warga Dusun Tungko ni Solu, Desa Parsoburan Barat, Kabupaten Toba Senin, (10/10/2022) menyampaikan aspirasinya dalam rapat koordinasi terkait permasalahan sengketa yang di hadapi mereka dengan PT.TPL. Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak dan Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K serta jajaran pimpinan dan yang mewakili Forkopimda Kab.Toba.

Tonny Simanjuntak mengatakan keyakinannya akan penuntasan masalah sengketa lahan antara warga Dusun Tungko ni Solu, Desa Parsoburan Barat, Kabupaten Toba dengan PT.Toba Pulp Lestari (TPL).

"Sangat indah rasanya kebersamaan, kita telah saling mendengarkan seluruhnya dan artinya semua telah terbuka dan pemerintah akan tetap membuka fungsi sosialnya (hutan) sesuai regulasi dan aturannya," kata Tonny dalam rapat antara sejumlah warga Tungko ni Solu dengan Pemerintah Kabupaten Toba bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi terkait di Ruang Staf Ahli Bupati Toba, Senin (10/10/2022).

Pertemuan yang juga difasilitasi Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb ini membahas banyak hal pernyataan dan permintaan warga termasuk kasus yang dialami Dirman Rajagukguk vs TPL.Dirman salah satu penatua Tungko ni Solu ini telah divonis PN Balige atas aduan pihak TPL tentang pembakaran dan penguasaan konsesi hutan TPL.

Menurutnya, penyelesaian permasalahan ini, jikalau ada kesehatian pasti semuanya bisa diatasi.

"Mengenai tapal batas (lahan warga dan konsesi hutan TPL)  kita harapkan akan ada Forkopimda,  tim dari semua pihak terkait bersama masyarakat turun mengecek ke lokasi, "katanya dan meminta warga bersabar karena semua ada proses yang harus dilalui.

Wabup Tonny juga meminta sosialisasi semua pihak yang terang tentang kehutanan ini sampai ke masyarakat. 

"Hendaknya, setiap persoalan jangan lakukan lagi tutup jalan, kita pemerintah dan Forkopimda siap mendengarkan masyarakat. Jadi, kedepannya kepada masyarakat mari tetap harmonis persoalan vonis yang telah diputuskan pengadilan, upayanya mari lakukan banding.Apa yang kita bahas hari ini semoga menjadi kebaikan bagi kita seluruhnya," tambah Tonny.

Pernyataan Tonny menyikapi kesimpulan hasil rapat Forkopimda dan warga Tungko ni Solu. Sebelumnya disampaikannya akan permohonan maaf dan salam dari Bupati Ir.Poltak Sitorus kepada warga.Bupati saat ini sedang melaksanakan tugas di luar daerah. 

Dalam kesempatan tersebut Wabup Tonny M Siamanjuntak mengucapkan kata petuah leluhur atau berkat dan bentuk umpasa bahasa Batak,red (pantun berisi bersajakkan ucapan doa dan harapan serta berkat) tentang indahnya kebersamaan dan kedamaian dalam persatuan dan persaudaraan.

"Balintang ma pagabe tumundalhon sitadoan. Arita ma gabe molo tangkas hita masi paolooloan," ucap Wabup Tonny mengakhiri yang sekaligus Wabup Tonny memimpin doa untuk acara makan siang bersama.

Sebelumnya Kapolres AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K mengatakan pihaknya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dengan caranya dan bagaimana hidup berdampingan dengan perusahaan TPL.

Turut hadir dalam acara tersebut mewakili DANDIM 0210 TU Pabung Kodim 0210/TU Mayor Kaminton Napitupulu, Mewakili Kajari Toba Samosir Gilbeth Sitidaon,SH, Sekdakab Toba Drs.Augus Sitorus, Staf ahli Bupati Drs.Audi Murphy O.Sitorus, Asisten ,Kaban Kesbangpol Brostito, Kabag  Setdakab, Camat Habinsaran Sabam Pardosi dan jajarannya, Elise Natalin dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wil. IV dan beberapa pejabat lainnya jajaran Pemkab Toba.

Hadir mewakili management PT.TPL,Tbk  Deputy Social Capital Head TPL, Linggom Dongoran didampingi sejumlah stafnya Hendry, Rikky Bens H,Pius B,dan Oriza Simanjuntak.