TAPUT -Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Forkopimda dan Kadis Perkim Budiman Gultom, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak dan beberapa perangkat OPD menyambut kunjungan kerja.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama rombongan dari Kementerian PUPR RI Jumat, (07/10/2022) kunjungi Kabupaten Tapanuli Utara pasca wilayah Tapanuli Utara diterpa bencana alam gempabumi.

Menteri PUPR dan rombongan tiba di Bandara Silangit dari bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.40 WIB.setibanya menteri PUPR dan rombongannya di Bandara Silangit Siborongborong Kab.Taput disambut langsung oleh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, bersama Kadis Perkim Budiman Gultom, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak dan beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forkopimda Kab Taput.

Kehadiran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kabupaten Taput dalam rangka kunjungan kerjanya untuk meninjau lokasi yang terdampak gempabumi yang terjadi Sabtu 01 Oktober 2022 yang lalu.

Setelah bertemu dengan Bupati Nikson Nababan, Menteri PUPR dengan seluruh rombongan langsung bergerak bersama meninjau tanggul Aek Sigeoan yang amblas dan saluran irigasi yang ambruk di desa Hutauruk berikut meninjau jembatan gantung yang mengalami kerusakan (pergeseran) di Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon.

Usai meninjau ketiga lokasi Menteri dan rombongan didampingi Bupati Taput Drs.Nikson Nababan dan jajarannya serta Forkopimda Kab.Taput selanjutnya melanjutkan perjalanan untuk meninjau rumah penduduk yang rubuh pasca kejadian gempa bumi terjadi.

Untuk lokasi pertama yang ditinjau adalah rumah penduduk di Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Basuki Hadimuljono memeriksa beberapa rumah warga yang terdampak gempa di Kecamatan Sipoholon.

Lokasi ketiga yang menjadi sasaran Menteri PUPR meninjau SMP Negeri 3 Tarutung yang kondisi fisik bangunan sekolah mengalami kerusakan.

Dengan kehadiran Menteri PUPR di sekolah SMP Negeri 3 Tarutung disambut para guru dan siswa siswi sekolah dengan sangat antusiasnya.dibarengi rasa senang dan haru menyambut kedatangan kunjungan pak Menteri dan Bupati di sekolah mereka sembari bersalam salaman dan bersua foto bersama.

Usai meninjau sekolah SMP Negeri 3 Tarutung selanjutnya Rombongan Menteri PUPR dengan didampingi Bupati Taput berangkat meninjau infrastruktur jalan yang rusak di Kecamatan Siatas Barita ke arah Pahae, terus meninjau Gereja HKBP Kota yang mengalami kerusakan pada menaranya dan meninjau jembatan Aek Sigeoan 2 serta Gapuranya yang sudah mengalami kemiringan akibat guncangan bencana alam gempabumi.

Sebelum acara makan siang bersama di Sopo Rakyat rumah Dinas Bupati Menteri PUPR dan rombongan melaksanakan Sholat Juma't di Mesjid Baitul Rahmat Tarutung.

Dalam kesempatan tersebut Menteri PUPR Basuki menyampaikan bahwa kerusakan infrastruktur, irigasi, bagunan fasilitas umum bangunan pemerintah termasuk sekolah akan segera diperbaiki oleh Kementerian PUPR.

Terkait kerusakan bangunan rumah milik warga masyarakat yang tingkat kerusakannyaulai dari rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan terlebih dahulu harus di verifikasi data-data dan jumlahnya oleh Pemerintah Daerah bersama aparat penegak hukum untuk menghindari konflik dari berbagai pihak.

Bupati Nikson Nababan dalam harapannya kepada Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menyampaikan, kiranya Kementerian PUPR RI dapat dengan segera memperbaiki beberapa infrstruktur yang telah rusak akibat bencana alam gempabumi yang mengguncang Kabupaten Taput dibeberapa hari lalu, seperti
Rumah penduduk, bangunan gedung pemerintah, sekolah, rumah ibadah, gedung kesehatan, pasar, irigasi, jalan, perkuatan tanggul dan infrastruktur lainnya.

Dalam permohonannya Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan permohonannya agar kelanjutan pembangunan jalan ringroad di Siborongborong dapat dikerjakan dengan secepatnya oleh Kementerian PUPR demikian juga dengan pembangunan pasar tradisional yang ada di Kabupaten Taput yakni pasar Siborongborong, Tarutung, Pangaribuan, Sipahutar dan Sarulla.

Sebagai ucapan terima kasih dan penghormatan atas kehadiran kunjungan kerja Menteri PUPR RI bersama rombongannya meninjau Kabupaten Taput pasca terjadinya bencana alam gempa bumi yang menerpa Kabupaten Taput, Bupati Nikson Nababan memberikan cendera mata berupa baju Jas bernuansa motif Ulos Batak serta menyerahkan proposal permohonan pembangunan Pemkab Taput.