TAPUT -Berbagai donasi bantuan sosial mengalir datang ke Kabupaten Tapanuli Utara pasca terjadinya bencana alam gempa bumi di beberapa hari lalu yang merusak Ribuan rumah warga penduduk Tapanuli Utara dan berbagai sarana prasana dan fasilitas umum layanan pemerintah dan swasta dimasyarakat.
 
Bantuan kali ini Jumat, (07/10/2022) datang dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prop. Sumut.

Pemberian bantuan dari dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Propsu diterima langsung oleh Sekdakab Taput Indra Simaremare, M.Si sebagai sebagai Ketua sekretariat Posko Tanggap Gempa Tapanuli Utara atas nama Bupati Taput Nikson Nababan.

Bantuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Propsu diantar langsung oleh Dra.Valentina Ginting,M.Si, Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Rumah Tangga dan Rentan, mewakili Kementerian PP dan PA serta Kepala Dinas PP dan PA Provinsi Sumatera Utara Hj.Nurlela,S.H,M.AP yang diterima Sekda mewakili Bupati Taput Drs.Nikson Nababan di Posko Bantuan, Tarutung. (Jumat, 07/10/2022).

Sekretaris Daerah yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Taput Sudirman Manurung dan Kadis PPKBP3A Donna Situmeang atas nama Bupati Taput mengucapakan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Tapanuli Utara korban dampak gempabumi.

Ditegaskan Sekda, "Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), kami yakin bantuan ini akan meringankan beban masyarakat dan para korban bencana.ucap Sekda Indra Simaremare.

Disituasi yang kami hadapi saat ini pasca dampak gempa bumi yang mengguncang Kab.Taput di beberapa waktu lalu yang mengakibatkan ribuan rumah milik warga rusak, "Kami sangat berharap semakin banyak perhatian dan uluran tangan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat maupun perorangan".sebut Indra Simaremare.

Terpisah, Volmer M Silalahi menyebutkan, berbagai jenis bantuan yang telah kami terima akan disalurkan dengan baik dan tepat sasaran kepada setiap orang yang membutuhkan bantuan yakni para korban bencana gempabumi,".

Untuk bantuan yang diterima Pemkab Taput saat ini dari Kementerian berupa kebutuhan spesifik bagi perempuan dalam keadaan darurat sebanyak 400 paket dan dari Propinsi berupa Perlengkapan anak - anak dan Perempuan sebanyak 50 paket.sebutnya.