TAPUT - Sebanyak 70 warga korban traumatik gempa bumi Taput menerima trauma healing di desa Huta Tinggi Kecamatan Parmonangan Taput dengan kriteria tingkat trauma menengah ke tinggi, Senin (3/10/2022). Sebelum kegiatan digelar diawali koordinasi dengan pihak posko Tangga Gempa Bumi Taput dan Kepala Desa Huta Tinggi dengan melaksanakan sambang kasih ke rumah warga yang terdampak bencana alam (Gempa) sekaligus melaksanakan trauma healing kepada masing masing warga desa setempat.
 
Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK. MH dalam pemaparannya kepada media melalui Kasi Humas Aiptu W Baringbing Rabu, (04/10/2022) pelaksanaan trauma healing tersebut digelar Polda Sumut bersama Polres Taput bagi warga Desa Huta Tinggi Kecamatan Parmonangan adalah sebagai pertolongan pertama kepada warga yang mengalami trauma akibat peristiwa bencana gempa bumi.
 
Tujuan trauma healing untuk menguatkan kondisi fisikis dan psikologis para warga yang trauma akibat dampak bencana alam gempa yang terjadi sebelumnya, supaya kuat dalam menghadapi musibah yang telah terjadi menerpa mereka. Untuk para anak anak dilakukan dengan cara mengajak mereka bermain sambil melaksanakan trauma healing oleh tim kesehatan (medis) supaya dapat kembali ceria.sebut Aiptu W Baringbing.
 
Ditambahkannya, pasca terjadinya gempa bumi dibeberapa hari lalu, kita mendapati ada beberapa warga masyarakat yang masih mengalami trauma ketakutan apabila masuk ke dalam rumahnya demikian juga para anak-anak.
 
Dengan kehadirannya Tim Kesehatan dari Polda Sumut dan Polres Taput untuk memberikan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat yang mempunyai keluhan kesehatan akibat traumatik gempa bumi lalu kita harapkan kondisi kesehatan fisikis dan pisikologis mereka akan kembali pulih dan normal seperti sedia kala.tandasnya. 
 
Dengan layanan kesehatan trauma healing yang kita berikan semua warga merasa senang dan kembali merasa nyaman.
 
Pelaksanaan terapi trauma healing yang digelar oleh Polda Sumut bersama Polres Taput petugas yang melaksanakan trauma healing diantaranya : Ipda dr.Deasy Handayani Purba (Personil Polres Taput), Ipda Halim Perdana Kusuma, S.H., M.Psi. (Personil Bagpsikologi Ro SDM Polda Sumut), Brigadir Syukri Santoso, S.Psi. (Personil Bagpsikologi Ro SDM Polda Sumut), Bripda Rizky Ananda (Personil Bagpsikologi Ro SDM Polda Sumut), Jhon Hower Alfredo Sembiring (TKK Sidokkes Polres Taput).