SIANTAR -Tingkatkan peran serta masyarakat atas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Keluarga Besar Bantuan Komunikasi Garuda (Bankom Garuda) Sumatera Utara menggelar pertemuan dengan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Fernando, SH, SIK di Mapolres Pematangsiantar, Jalan Sudirman Pematangsiantar, Selasa (4/9/2022).
 
Pertemuan itu menginformasikan kepada Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando, bahwa Bankom Garuda sebagai organisai Mitra Kepolisian dan TNI siap mendukung program kerja kepolisian khususnya Pematangsiantar untuk meningkatkan keamanan, khususnya informasi Kamtibmas dengan mengunakan HT (Handy Talky) sebagai alat utama komunikasinya.

Usai pertemuan dengan Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando, SH, Joni Monang Siregar (Garuda 1) yang juga sebagai ketua Bankom Garuda Sumatera Utara mengatakan, Bankom Garuda sejak berdiri tahun 2019 sudah menjadi Mitra kepolisian Polda Sumatera Utara.

"Kedatangan kami untuk menguatkan kembali Kamtibmas bersama kepolisian yang selama ini sudah terjalin. Demikian juga sebagai Mitra kepolisian kita akan maksimalkan Kamtibmas yang ada di Siantar, sambutan Kapolres sangat bersahabat, bahkan Kapolres akan terus mendukung kegiatan Bankom Garuda, baik menjaga Kamtibmas, dan juga kegiatan sosial yang selalu dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Joni Monang Siregar, yang akrab disapa JMS ini, singkatan namanya.

"Kapolres juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga Kamtibmas, dan apabila ada ganguan Kamtibmas dapat berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas yang ada," jelas Joni, yang saat ini sedang mengkoordinasikan bantuan untuk kemanusiaan atas musibah gempa yang terjadi di Tapanuli Utara.

Disamping itu, JMS juga menjelaskan, keanggotaan Bankom Garuda sudah mencapai 100 anggota lebih, baik yang ada di kota Siantar, kabupaten Simalungun, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Tebing Tinggi, Rantau Prapat, dan kota Medan.

"Jadi jaringan, atau pantauan kamtibmas dengan HT sudah dapat kita jangkau beberapa daerah di Sumatera Utara, kita harapkan kedepan dapat menjangkau daearah lainnya,"ucap JMS yang selalu aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan di Sumatera Utara, ini dibuktikan ketika Covid melanda dunia 2020-20022, Bankom Garuda sudah aktif membagikan ratusan ribu Masker ,Sanitizer dan baju Hazmad untuk tenaga medis di rumah-rumah sakit dan kepolisian sampai ke Sidikalang, Tanah karo, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Simalungun dan Dairi.

Tampak hadir diruang Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando, SH, SIK, Kabag Operasional (Kabagops) Polres Pematangsiantar Kompol Muri Yasnal,SH, anggota Bankom Garuda Edy Susanto (Garuda 1-3), Jono (Garuda 14-36), Vincent (Garuda 14-91).