JAKARTA -  Pesca bencana gempa bumi yang menguncang Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu subuh, (01/10/2022) lalu yang mengakibatkan Ribuan unit rumah milik warga dan puluhan orang korban luka, salah satu orgnissi punguan Marga keturunan si Raja Batak MARBONI (Punguan Pomparan Raja Marpaung Boru Indonesia-Dunia) dengan Ketua Umum Kapler Marpaung terketuk hatinya untuk membuka dan mengumpulkan donasi bantuan sosial untuk disalurkan kepada para korban bencana gempa bumi di Taput. Dalam konsep amal pengumpulan donasi bantuan sosil dari seluruh Marga Marpaung di Indonesia - Dunia dengan konsep digelar dengan konsep "Peduli Kasih Korban Bencana Gempa Bumi Tapanuli Utara-Sumut".
 
 
Kapler Marpaung sebagai Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Marpaung Boru Indonesia (MARBONI) menghimbau kepada seluruh Anggota Punguan Pomparan Raja Marpaung Indonesia (Marboni) di Indonesia maupun  di luar negeri untuk memberikan sedikit sumbangsih donasi amalnya untuk disalurkan kepda para korban gempa bumi di Taput.
 
 
Disampikan Kapler, sesuai data dan informasi yang didapat MARBONI diketahui ada sekitar 60 KK Marpaung/Boru dan Bere yang juga menjadi korban gempa bumi di Taput.
 
 
Mengingat peristiwa tersebut Pengurus Pusat MARBONI menghimbau dan mengajak seluruh marga Marpaung, Boru, Bere dan Ibebere dapat mengulurkan tangan dengan memberikan sedikit donasi bantun sosialnya untuk membantu dan meringankan beban saudara saudari kita yang mengalami musibah gempa bumi di Taput-Sumut.
 
 
Mari kita bergotong royong dengan mengulurkan tangan untuk turut serta berpartisipasi dalam aksi sosial penggalangan dana dengan konsep "Peduli Kasih Korban Gempa Bumi Taput-Sumuy" Punguan Pomparan Raja Marpaung Boru Indonesia - Dunia (MARBONI).himbaunya.
 
 
Untuk pengiriman dan pengumpulan dana bantuan donasi sosial "Peduli Kasih Korban Bencana Gempa Bumi Taput-Sumut" dapat ditransfer ke rekening atas nama Marboni di Bank Mandiri No Rek: 1230010334559 yang nantinya di monitor dan dihimpun oleh Bidang Sosial MARBONi.
 
 
Lanjutnya, Organisasi Punguan Pomparan Raja Marpaung Boru Indonesia (MARBONI) juga mengajak seluruh lapisan masyarakat diluar Marpaung dalam gerakan sosial ini khususnya seluruh marga Marpaung baik juga Boru, Bere dan Ibebere yang juga keturunan/pomparan dari Raja Marpaung.
 
 
Donasi bantuan yang terkumpul nantinya akan disalurkan MARBONI kepada para korban gempa bumi di Taput untuk membantu dan meringankan beban hidup para saudara saudari kita korban gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara yang berkekuatan 6.0 SR yang diketahui sesuai data BMKG berpusat di Parmonangan, Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu pagi (01/10/2022) sekira pukul 02.28 WIB.
 
 
Hal ini disampaikan Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Marpaung Boru Indonesia (MARBONI) Kapler Marpaung dalam keterangan resminya yang diterima www.gosumut.com Rabu (5/10/2022).
 
 
Ditambahkan Kapler dalam himbaun dan harapannya, Kapler juga menyampaikan, atas nama pribadi dan organisasi MARBONI saya juga menghimbau kepada semua saudara/i ku yang terpanggil hatinya untuk memberi sedikit dukungan bantuan dana sosial bagi saudara/i kita korban gempa bumi di Taput.
 
” Dengan sedikit bantuan yang kita berikan bisa membantu dan meringankan beban penderitaan saudara/i kita yang tertimpa musibah akibat gempa bumi di Taput.”Ucap Kapler Marpaung.
 
Ia menyebutkan untuk penyampaian dan penitipan Donasi bantuan dari masing masing yang dengan suka rela serta ketulusan hati dapat ditransfer melalui rekening atas nama Marboni di Bank Mandiri No Rek: 1230010334559 sebagai wujud "Peduli Kasih Korban Gempa Bumi Tapanuli Utara"
 
“Mari kita bantu saudara-saudari kita yang terkena musibah gempa bumi di Taput, seberapa pun besaran jumlah bantuan dari kita, itu sangat berarti buat mereka,” sebut Kapler Marpaung.
 
Kapler Marpaung menambahkan, atas peristiwa yang terjadi di Kabupaten Taput saya selaku Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Marpaung Boru Indonesia - Dunia (MARBONI) atas nama pribadi dan keluarga besar Punguan mengucapkan turut Berbelasungkawa atas musibah yang menimpa masyarakat Tapanuli Utara pada Sabtu, 1 Oktober 2022 pekan kemarin. ucapnya.
 
Lanjutnya, sesuai informasi dan pemberitaan di berbagai media massa di waktu yang sama masyarakat Taput tidak hanya mengalami musibah gempa, namun juga ada warga yang mengalami musibah kebakaran rumah yang terjadi di Sarulla/Pahae Jae. Guncangan gempa bumi tidak saja menimbulkan ribuan rumah penduduk yang rusak demikian juga berbagai sarana pelayanan pemerintah dan swasta serta rumah Ibadah yang hancur serta menimbulkan puluhan orang korban luka- luka,” ujar Kapler Marpaung.
 
"Sebagai bentuk rasa empati terhadap musibah yang menimpa korban gempa dan kebakaran di Sarulla/Pahe Jae dan wilayah Taput lainnya, MARBONI membuka rekening bantuan sosial "Peduli Kasih Korban Gempa Bumi Tapanili Utara" di rekening atas nama Marboni di Bank Mandiri No Rek: 1230010334559i, Silahkan salurkan donasi bantuan sosial saudara/i di Rekening Bank tersebut. Ucapnya mengulangi.
 
Bagi yang sudah mengirimkan dana bantuan donasi sosialnya harap menginformasikan struk pengirimannya ke nomor WA. 087890949081 atas nama Tunggul Marpaung Wakil Ketua Umum membawahi Bidang Sosila MARBONI dan Nomor WA. 082132251430 atas nama Perhatin Marpaung Ketua Bidang Sosial MARBONI.