PALAS - Pramuka memiliki andil penting dalam pembangunan bangsa dengan pengabdian tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Hal itu disampaikan, Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi yang bertindak sebagai inspektur upacara di peringatan Hari Pramuka ke 61 di lapangan eks MTQ Pasar Latong,Kecamatan Lubuk Barumun.
 
Bertindak sebagai Komandan upacara Nabila Sa’ada Zahra Hasibuan asal Gugus Depan (Gudep) SMP IT Baruna Husada dan peserta dari seluruh Gudep tingkat SD, SMP, SMA sederajat.
 
Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi berharap, anggota pramuka telah menunjukan tekad dan komitmen untuk terus mengabdi untuk negeri dari berbagai bidang tanpa terkecuali untuk pembangunan.
 
"Pengabdian adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka sejak usia Pramuka Siaga telah didik memberikan perhatian terhadap sesama, menolong sesama bagi yang membutuhkan," katanya,Rabu(5/10/2022).
 
Menurutnya, bentuk pengabdian yang lakukan sejalan dengan kode kehormatan pramuka yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk golongan siaga dan Trisatya dan Dasadarma untuk golongan Pramuka lainnya.
 
Kata Ahmad Zarnawi, kemajuan gerakan pramuka terus memberikan kontrubusi dalam perkembangan kemajuan bangsa dalam membangun pendidikan karakter dan harkat bangsa.
 
"Setiap anggota pramuka ditanamkan kepekaan,kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi untuk saling tolong menolong baik dilingkungan keluarga dan masyarakat," imbuhnya.
 
Orang nomor satu dipemerintahan Kabupaten Palas ini  menambahkan,pramuka selalu menjunjung tinggi nilai persaudaraan tanpa  membeda bedakan suku, agama, ras dan antar golongan demi bangsa.
 
"Adik -adik pramuka harus bangga menjadi anggota pramuka karena berperan dalam kemajuan anak bangsa dinegeri ini," tandasnya.