TAPUT -  Perayaan HUT Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) ke 77 tahun 2022 tepatnya, 5 Oktober 2022 berbagai program kegiatan dan rangkaian acara sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang Pemerintah Kabupaten bersama panitia HUT. Namun gempa bumi yang terjadi Sabtu (1/10/2022) yang  menelan korban jiwa dan ribuan rumah hancur membuat agenda tersebut menjadi konsep amal dan doa Taput berkabung.
 
Sekda Taput Indra Simaremare dalam keterangan persnya kelada media mengatakan acara HUT akan tetap dilanjutkan tetapi untuk konsep acaranya tidak meriah lagi. 
 
"Konsepnya kita rubah menjadi acara amal atau doa Taput Berkabung, melalui pagelaran acara tersebut kita harapkan ada bantuan dari berbagai donateur untuk membantu penkab Taput membangun berbagai kerusakan-kerusakan yang timbul akibat gempa bumi seperti rumah-rumah warga, rumah ibadah, gedung fasilitas pelyanan pemerintah dimasyarakat serta berbagai sarana prasarana pendukung lainnya yang rusak akibat terpaan gempa bumi," ungkap Indra Simaremare.
 
 Indra menjelaskan, akibat kondisi dan situasi yang ditimbulkan bencana gempa bumi di Taput, yang seyogyanya acara pembukaan pameran seharusnya digelr pada tanggal 1 Oktober 2022 akhirnya ditunda.
 
“Selanjutnya acara pameran dan hiburan rakyat kita rubah konsepnya menjadi acara amal dan doa Taput berkabung dan perayaan puncak tetap di tanggal 5, Oktober 2022,” sebutnya.
 
Indra juga mengimbau seluruh masyarakat Taput supaya jangan terlalu larut dalam ketakutan agar dapat menjalankan berbagai aktifitas hidup sehari hari meski tetap dalam kewaspadaan. 
 
“Masyarakat tidak usah terlalu takut.swmua warg sdah bisa kembali ke rumah amsing masing. Bagi yang rumahnya dalam kondisi rusak berat kami imbau supaya tinggal di rumah keluarga dulu sambil menunggu rumahnya diperbaiki," himbau Indra.
 
 
 
Senada disampaikan Sekda, Volmer M Silalahi Kepala bidang Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Tapanuli Utara bahwa secara keseluruhan rangkaian kegiatan tetap berjalan sesuai dengan rencana awal.
 
Sesuai petunjuk Bupati, ada beberapa jadwal acara yang diundur namun sudah terlaksana. Sesuai pesan dan arahan Bupati, seluruh rangkaian acara dan kegiatan dijadikan sebagai momentum simpatik dimana masyarakat sedang berduka terkait bencana gempa”, sebutnya saat dikonfirmasi media melalui seluler.
 
Ditambahkn Volmer, di pentas pameran perayaan HUT Taput, disetiap harinya selama pelaksanaan diadakan doa bersama dan penggalangan dana bagi para korban gempa.
 
“Pada puncak perayaan HUT hari ini akan dihibur dengan hiburan utama yang menghadirkan dan menampilkan group Band Slank.
 
Sesuai dengan konsep dan jadwal yang telah dirubah akibt gemp bumi dengan perubahan acara pihak management Slank sudah setuju, acara Hiburan Rakyat dirubah menjadi acara amal,” ungkapnya.
 
Amatan dilapangan dilapangan Tangsi Tarutung tampak panitia sedang sibuk memprsiapkan berbagai peralatan dan fasilitas pendukung lainnya untuk acara pagelaran show Band Slank yang acaranya telah dirubah dari hiburan rakyat menjadi acara amal dan doa Taput berkabung di perayaan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara ke -77 tahun 2022.