TOBA -Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Toba Kamis, (29/09/2022) merayaan HUT IBI yang ke 71 Tahun 2022 dengan tema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju" bertempat di Gedung Aula Restoran RM Sinar Minang.
 
Acara perayaan HUT diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya dengan menggelar kegiatan bakti sosial bagi korban kebakaran, pelayanan KB, Safari KB, pelaksanaan IVA Test, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan kegiatan seminar sehari.

Para Bidan di Kabupaten Toba yang tergabung dalam organisasi Ikatan Bidan Indonesian (IBI) diharapkan untuk memberikan layanan terbaik pada masyarakat, terutama dalam pencegahan kasus stunting di daerah Kabupaten Toba.demikian Wabup Toba Tonny M Simanjuntak menyampaikan arahan dan sambutannya di perayaan HUT IBI Cabang Kabupaten Toba yang Ke 71 tahun 2022 di gedung aula Restoran RM Sinar Minang Balige.

Lebih lanjut Tonny dalam sambutannya yang diterima www.gosumut.com Jumat, (30/09/2022) dari Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora menyampaikan, para Bidan harus melakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat, semua harus turut serta secara bersama sama ambil bagian dalam upaya mencegah dan meminimalisir angka stunting di Kabupaten Toba.
"Kita harus bersinergi secara bersama sama untuk memgatasi persoalan stunting ini, supaya kedepannya bisa kita atasi," kata Wabup

Mengawali sambutannya sebelumnya, Wabup Tonny selaku Ketua Tim Penanganan Stunting di Kabupaten Toba telah menyampaikan ucapan salam dan selamat HUT IBI Cabang Kab.Toba yang ke 71 tahun 2022 kepada seluruh anggota IBI dari Bupati Toba Poltak Sitorus yang saat ini sedang menjalankan tugasnya di luar daerah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Toba, Wabup memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya para bidan yang bekerja setiap hari, setiap waktu dan Bidan adalah merupakan garda terdepan untuk menyelamatkan ibu dan anak.

Dikesempatan tersebut dalam harapannya Wakil Bupati menyampaikan, melalui perayaan HUT IBI ini akan semakin mempererat tali silaturahmi dan menjaga keharmonisan antar seluruh Bidan dalam wadah organisasi IBI serta menciptakan sinergitas yang positif dan aksi kerja nyata supaya seluruh Bidan terus komit memberikan layanan dan kontribusi nyata dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya kesehatan kaum Ibu dan Anak.

Tonny juga menegaskan, Pemkab Toba berkomitmen tetap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi profesi IBI, termasuk akan memfasilitasi penggunaan salah satu gedung milik Pemkab untuk dipakai oleh IBI dalam melakukan kegiatannya.

Turut hadir diperayaan HUT IBI Cabang Kab.Toba Ke 71 Tahun 2022 Anggota DPRD Toba Robinson Sibarani mewakili Ketua DPRD Toba Effendi S.P Napitupulu.

Dalam sambutannya, Robinson menyampaikan, dalam layanan kesehatan di masyarakat luas peran Bidan sangatlah penting.Bidan adalah salah satu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan medis di masyarakat, sama halnya seperti kepala desa sebagai ujung tombak pemerintahan didesa.

Berikanlah pelayanan terbaikmu sebagai Bidan di masyarakat guna mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan kesehatan dimasyarakat khususnya pelayanan kesehatan dan keselamatan bagi Ibu dan Anak terutama dalam upaya meminimalisir Stunting.ucapnya.

Sebagai penghormatan dari IBI Cabang Kab.Toba di perayaan HUT nya yang ke 71 tahun 2022 Wabup Toba Tonny M Simanjuntak oleh Ketua IBI Cabang Toba Lindawati Simangunsong,SKM menyematkan selempang Ulos Batak sebagai cendera mata dari IBI.

Dalam perayaan tersebut juga dihadiri Ketua IBI Cabang Kabupaten Toba Lindawati Simangunsong,SKM, mewakili BPJS di Balige, sejumlah dokter, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis Kesehatan dr.Freddi S.Sibarani, Kabag Kesra Tanda Dongoran, Kabag Pemerintahan dan Kerjasama Saut Sihombing, Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora dan para undangan lainnya.