LHOKSEUMAWE – Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.IP,M.IP meminta masyarakat untuk tetap menjaga keseimbangan alam agar terhindar dari bencana. “Bencana alam datangnya tidak bisa diprediksi, tugas kita selaku masyarakat tetap menjaga keseimbangan alam, salah satunya dengan cara jangan menembang hutan sembarangan, begitu juga sampah jangan dibuang sembarangan, soalnya beberapa kali ancaman bencana banjir senantiasa menghantui warga masyarakat kita, oleh karena itu sangat penting bagi kita bersama-sama dengan masyarakat menjaga lingkungan dan keseimbangan alam,” ungkapnya saat menghadiri acara pembinaan masyarakat tanggap bencana diaula Kantor Bupati Aceh Utara,  Landing, Lhoksukon, Selasa (27/9/2022).
 
Kerusakan lingkungan alam yang selama ini terjadi, urai Letkol Inf Hendrasari Nurhono, diakibatkan ulah dari tangan manusia, oleh karena itu dengan pertemuan ini, terutama bagi masyarakat tanggap bencana, akan lebih paham bagaimana cara menanggulangi jika terjadi bencana.
 
“Tapi yang terpenting adalah bagaimana mengantisipasi sebelum terjadi bencana, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan alam, bagi warga masyarakat yang tinggal dikawasan daerah aliran sungai, harus saling bahu membahu untuk menjaga lingkungan, salah satunya dengan menanam kembali tanaman-tanaman keras agar banjir bisa terkendali,” sebutnya.   
 
Disebutkan, bencana alam memang tidak dapat kita duga, namun bisa kita cegah dengan menjaga alam ini dengan baik serta budayakan buang sampah pada tempatnya, karena sambah bisa menimbulkan penyumbatan disaluran pembuang.
 
Letkol Inf Hendrasari Nurhono, juga mengapresiasi terhadap kegiatan pembinaan masyarakat terhadap tanggap bencana.
 
“Kegiatan seperti ini penting dilaksanakan agar pemahaman dan kesadaran untuk menjaga alam ini menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama,” katanya.