LHOKSEUMAWE – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe kerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh Utara menggelar layanan kesehatan gratis. Acara layanan kesehatan gratis tersebut dibuka selama 6 hari yakni dari 19 s/d 24 September 2022, di tiga titik desa terpencil di Aceh Utara diantaranya Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Desa Dayah Seupeung, Kecamatan Geureudong Pase dan Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur.
 
“Kegiatan layanan grasti tersebut selain melakukan pengabdian terhadap masyarakat yang tinggal didaerah terpencil, kita juga buka posko layanan kesehatan gratis, tujuannya agar masyarakat terpencil itu mendapat layanan yang sama terhadap kesehatan, karena jangkauan jarak kemukiman masyarakat terpencil dengan Puskesmas tergolong jauh, sehingga Posko yang kita buka sangat membantu warga masyarakat,” ungkap Ketua Umum HMI Cabang Lhokseumawe Muhammad Fadli, Senin (26/9/2022).
 
Selain jauh, kondisi ruas jalan penghubung antar desa didaerah pedalaman Aceh Utara, kata Muhammad Fadli, juga kurang memadai.
 
 “Kondisi ini membuat warga masyarakat itu, kesulitan jika ingin menuju ibukota kecamatan terutama saat ada anggogat keluarga yang sakit, makanya salah satu pengabdian yang kita lakukan adalah membuka posko kesehatan kerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Aceh Utara, ternyata mendapat sambutan luar biasa dari warga masyarakat,” jelasnya.
 
Disamping itu, timpal Ari Maulana selaku Ketua Bidang  Pendidikan dan Iptek HMI Cabang Lhokseumawe menuturkan tiga titik lokasi, yaitu Desa Luboek Pusaka, Dayah Seupeung, dan Sidomulyo, mendapat sambutan sangat antusias dari warga masyarakat, terutama bagi warga lanjut usia. 
 
“Dengan kehadiran Posko layanan kesehatan gratis, warga yang tinggal di tiga desa tersebut menyambut sangat antusias, terutama bagi warga lanjut usia, karena mereka itu tidak mampu lagi berobat ke Puskesmas karena jauh. Warga masyarakat rata-rata sangat berterima kasih atas pengabdian yang dilakukan oleh HMI Cabang Lhokseumawe,” katanya.