LANGKAT- Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun/majelis gotong royong Desa Sampe Raya kecamatan Bahorok melaksanakan Kerja Rani (pesta panen Karo -red) Minggu (25/9)2022). Kegiatan ini berhasil menghimpun dana sebesar Rp 73,495 juta. Ketua panitia Pt Ingan Malem Sembiring saat ditemui mengatakan kegiatan terlaksana berkat kerjasama panitia/tim berdasarkan keputusan bersama melalui Badan Pekerja Majelis Runggun (BPMR).
 
Jemaat, secara sukarela membawa dan mengemas hasil panen diserahkan ke panitia untuk dilelang/jual diinternal gereja. Tidak ada paksaan namun kemeriahan kegiatan terwujud karena kesadaran jemaat.
 
Didampingi sekretaris panitia Dermawan Perangin-angin ditambahkannya hasil panen dari kebun jemaat seperti aneka jenis dedaunan sayuran, cabe, ikan sungai dan kolam, buah -buahan serta buah lalapan beber Dermawan.
 
Sementara, ketua Badan Pekerja Majelis Runggun (BPMR) GBKP Gotong Royong, Markus Surbakti memaparkan merupakan program kerja Moderamen /pusat GBKP.
 
"Benar, hasil akhir kegiatan berhasil menghimpun dana sebesar Rp 73.495.000," ujarnya.
 
 
Diuraikan Markus, bersumber dari dua anggaran yakni hasil lelang Rp 22.495.000,oo dan tabungan jemaat selama setahun tersebar di delapan sektor.
 
Disinggung tentang tabungan jemaat, dipaparkan Markus, disepakati jemaat menabung dengan 'gerakan seribu rupiah' setiap rumah tangga/hari selama setahun.
 
Berawal dari hal sederhana wujud melestarikan budaya menabung dalam keluarga.
 
Menjawab wartawan dikatakannya ada dua gereja yang merupakan binaan/naungan majelis GBKP Gotong Royong yakni GBKP Tualang Gepang dan GBKP Bandar Tengah kecamatan Batang Serangan.
 
Kegiatan serupa (kerja Rani -red) juga sedang di GBKP Tualang Gepang hari ini (Minggu 25/9/2022) namun untuk GBKP Bandar Tengah dijadwalkan Minggu depan ujarnya.
 
Diakhir perbincangan, Markus Surbakti bilang, dana yang dihimpun akan disetor ke Badan Pekerja Majelis Klasis+BPMK (Kuala Langkat sebesar 40%). Tingkat Sektor akan menerima 10% berdasarkan kebijakan Majelis Runggun. 
 
Sebelumnya jemaat pawai 100 M menjunjung, memikul, sebagian menggunakan beca bermotor (Betor) mengangkut  hasil bumi dari Jambur desa Sampe Raya  menuju gereja.
 
Aksi jemaat sempat menjadi perhatian  masyarakat serta wisatawan yang melintas ke wisata Bukit Lawang.
 
Sebelum kegiatan kerja Rani dilaksanakan kebaktian Minggu disampaikan ketua BPMK Klasis Kuala Langkat, Pdt Diarna Sinulingga MTh mengambil nats pengantar khotbah dari kitab Titus 3:12-14 dan renungan khotbah dari kitab Habakuk 3:17-19 
 
Pelaksanaan kerja Rani berlangsung meriah dengan juru lelang Pdt Citra Handayani Sth dibantu Permata 
 
Kemeriahan acara diselingi dengan undian lucky draw yang disumbangkan Jumin Ginting salah seorang jemaat dari sektor Efrata dengan aneka hadiah hiburan.