LHOKSEUMAWE – Gerakan bersih lingkungan terus digencarkan oleh Komandan Korem 011 Lilawangsa Kol Inf Bayu Permana terutama dilingkungan pangkalan militer komplek prajurit TNI di Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe, Rabu (21/9/2022). Ratusan prajurit TNI melakukan gotong royong masal membersihkan lingkungan, terutama pembersihan parit yang sudah dangkal akibat sedimen, begitu juga saluran pembuang yang mampet dilakukan pengorekan, sehingga saluran air tersebut kembali lancar.
 
Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana mengatakan, kebersihan lingkungan membutuhkan perhatian serius bagi warga sekitar, khususnya prajurit yang menempati rumah di sekitar asrama. “Jangan biarkan lingkungan jorok dan kotor, begitu juga parit-parit yang sumbat dan dangkal perlu dikorek kembali, sehingga saluran air itu kembali lancar dan bersih,” jelasnya.
 
Menurut Danrem,  apabila penanggulangan kebersihan akibat sampah dan lainnya tidak ditangani dengan baik, maka akan berimbas terhadap penurunan kualitas kehidupan, keindahan lingkungan, terjadi banjir, dan menurunya kualitas kesehatan.
 
“Apabila kebersihan lingkungan kurang diperhatikan, maka dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan, imbasnya itu, berbagai penyakit mudah timbul, sebab faktor pembawa penyakit bisa dari lalat, jentik nyamuk dan lainnya,  bisa menjadi ancaman bagi anak-anak maupun kita sendiri mudah terserang penyakit,” terangnya.
 
Selain itu, kata Kolonel Bayu Permana, mengingatkan, sebagai warga maupun penghuni lingkungan sekitar harus peduli bersih, kita tidak boleh menyalahkan siapapun, kita berharap, mulailah kesadaran diri sendiri, setidaknya dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan rutin melakukan gotong royong bersama.