TOBA - PT.Toba Pulp Lestari,Tbk (PT.TPL,Tbk) bersama Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Toba Minggu (18/09/2022) kerja sama gelar acara hadiah Vlog & Photography Competition bertema “Exploring Toba Tourism” yang kegiatannya telah sukses dilaksanakan pada tanggal 11 - 22 Agustus 2022 yang lalu.
 
Kegiatan Vlog & Kompetisi Fotografi digelar TPL bekerja sama dengan Disbudpar Toba salah satu bentuk dukungan dan kontribusi TPL dalam upaya mendukung dan meningkatkan eksistensi kepariwisataan Kab.Toba kepada Dunia serta meningkatkan pendapatan Daerah khususnya bagi masyarakat pelaku wisata dunia di kawasan Danau Toba di Kabupaten Toba .

Acara hadiah dihadiri langsung Bupati Toba Poltak Sitorus Bersama Sekretaris Daerah Drs.Augus Sitorus, Plt. Kadisbudpar Rusti Hutapea dan nomor Kepala Dinas sejajaran Pemkab Toba.

Hadir mewakili Pimpinan Perusahaan PT.TPL dan jajaran Management dalam pagelaran acars penyerahan hadiah dihadiri Deputy Social Capital Head TPL Linggom Dongoran didampingi beberapa Manager perusahaan dari beberapa Departemen yang digelar di komplek Tugu D.I. Panjaitan kota Balige.untuk memeriahkan acara diisi dengan berbagai atraksi Kebudayaan dan berbagai hiburan musik yang ditampilkan para siswa/i Taman Kanak-Kanak Yayasan Bonapasogit Sejahtera (TK YBPS).

Menampilkan fashion show yang diperagakan oleh beberap kelompok Komunitas Fashion Show Kab.Toba serta menampilkan hasil karya dan kerajinan dari beberapa UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Menengah) yang merupakan binaan dari pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Perindakop dan UMKM Kab.Toba.

Dalam Kompetisi Vlog & Photography Competition bertema “Exploring Toba Tourism” yang telah dilaksanakan sebelumnya di bulan Agustus 2022 lalu dibagi dalam beberapa kategori lomba, yakni : lomba kategori Art & Culture (Sosial Seni Budaya dan Adat Istiadat Setempat), Landscape (Pemandangan dan Destinasi Wisata Toba), serta Food Photography (Makanan dan Minuman Khas Toba).

Hasil karya yang dilakukan oleh para peserta lomba dikirimkan langsung melalui jaringan web yang telah disediakan kepada tim juri dari panitia lomba oleh masing masing para peserta lomba.selanjutnya panitia dan tim juri melakukan penilaian selanjutnya tim juri melakukan sidang penyeuan hasil untuk meraih juara.

Tim juri yang bertugas adalah para profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya masing masing yakni : Hendra Syamhari, Rahmat Suryadi dan Ferdy Siregar dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) serta perwakilan dari PT. TPL berikut dari Disbudpar Toba.

Semua hasil Karya vlog dan photography para peserta ditampilkan panitia dalam acara penyerahan hadiah kegiatan lomba Vlog & Photography Competition bertema “Exploring Toba Tourism" sebagai bukti keberhasilan para peserta dalam kegiatan lomba yang digelar oleh PT TPL.Tbk yang bekerja sama dengan Disbudpar Kab.Toba.

Peserta lomba yang berhasil meraih juara (pemenang) di kompetisi Vlog & Photography Competition bertema “Exploring Toba Tourism mendapatkan hadiah berupa perlengkapan dan peralatan untuk mendukung aktifitas vidio serta fotografi mereka kedepannya,diantaranya :

Dikategori lomba Vlog berhasil meraih juara 1 Kirby Jackson Simanjuntak (Balige, Toba) berhasil meraih Microphone Saramonic 1 Unit, juara 2 Johannes Chairul Chang Maringga (Medan) dengan hadiah Vlogger Kit Rode 1 Unit untuk juara 3 diraih Fuzi Sholeha (Simalungun) meraih hdiah Stabilizer B Steady Pro 1 Unit.

Untuk kategori lomba Photography juara 1 berhasil diraih Bima Marpaung (Parmaksian, Toba) berhasil meraih hadiah Godox Lighting dan Perlengkapannya 1 Unit, juara 2 Mekar Sianipar (Balige, Toba) meraih Stabilizer B pro dan Tripod Takkara 1 Unit untuk juara 3 berhasil diraih Yosua Tampubolon (Balige, Toba) dan memperoleh hadiah Stabilizer B Steady Pro 1 Unit.

Deputy Social Capital Head TPL Linggom Dongoran dalam keterangan persnya yang diterima www.gosumut.com Senin, (19/09/2022) menyebutkan, "atas nama Perusahaan segenap management TPL dan jaajran mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Toba, Disbudpar Toba secara khusus para peserta yang telah memberikan peran sertanya ikut berpartisipasi mengeksplor destinasi kepariwisataan di kawasan Toba.”

Lanjutnya, hal tersebut sebagaimana Danau Toba oleh Pemerintah Pusat telah ditetapkan menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas Nasional di NKRI.dikarenakan Danau Toba menawarkan berbagai keindahan alam yang eksotik dan menjadi ikon pariwisata Indonesia.

Melalui kompetisi yang digelar, diharapkan perkembangan sektor peristiwa Toba kedepan mampu memukau para wisatawan Lokal, dalam negeri bahkan sampai wisatawan asing dari berbagai manca negara di dunia untuk datang berkunjung berwisata ke Danau Toba,” sebut Linggom.

Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh PT TPL bekerja sama dengan Disbudpar Kab
Toba.

Melalui kegiatan tersebut telah mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Toba serta menjadi momentum bagi para pemangku kepentingan dan pentingnya peningkatan pembangunan kepariwisataan yang menciptakan menciptakan pertumbuhan perekonomian, lapangan kerja serta memperkenalkan nilai-nilai budaya luhur adat Batak Toba kepada para wisatawan.

“Di era digital saat ini, kompetisi ini merupakan cara yang paling efektif untuk mempromosikan wisata. Saya berharap dengan adanya kegiatan positif seperti ini, destinasi di Toba semakin berkembang, seperti harapan kita Toba menjadi kabupaten yang unggul dan bersinar,” ujar Poltak.