MEDAN - Universitas Syiah Kuala (USK) tampil maksimal di ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) XV tahun 2022. USK meraih total 20 juara dari 15 tangkai (cabang) lomba. Dengan rincian 9 Juara I 10 Juara II dan satu Juara III.

Keputusan pemenang dibacakan oleh Koordinator Dewan Juri, Yudhi Fahrimal, M.Ikom pada penutupan Peksimida XV di UTU, Meulaboh, Aceh Barat, Minggu (11/9/2022).

Dari sepuluh juara Juara I yang diraih USK, satu merupakan grup, yaitu tangkai perlombaan tari. Adapun pemenang perorangan sebagai berikut: Ahlul Aqdi (Penulisan Puisi), Akbar Priadi (Penulisan Cerpen).

Selanjutnya, Rafian Miftah (Menyanyi Pop Putra), Dhiyaaul Mubarak (Seriosa Putra), T Muhammad Dava dan Evi Sofia (Keroncong Putra/Putri), M Haffaz Muttaqin bersama Nurul Zakia Ulfa, (Baca Puisi Putra/Putri) serta Lisa Sania Putri (Dangdut Putri).

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. drh. Mustafa Sabri, MP menyampaikan selamat kepada mahasiswa USK yang telah menorehkan prestasi. Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

"Selamat untuk anak-anak kami yang telah mengharumkan nama USK, kita patut bersyukur. Namun, tantangan kita sesungguhnya adalah juara di kancah nasional, Peksiminas. Jangan cepat puas, berlatihlah lebih giat," ucap Mustafa.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Aceh, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc mengucapkan terimakasih kepada UTU yang telah melakukan segala upaya untuk mensukseskan Peksimida XV.

"Terimakasih kepada UTU telah menjadi tuan rumah  yang bukan saja sukses, tapi sukses sekali. Sekalipun ini pertama bagi UTU, namun luar biasa! Padahal persiapannya tidak sampai sebulan," kata Prof Mustanir.

Ia yang juga Wakil Rektor III USK mengatakan, inti dari Peksimida sesungguhnya adalah upaya menjaring mahasiswa terbaik dengan bakat seni. Mereka nantinya akan mewakili Aceh di Peksiminas 2022.

"Peksiminas 2022 akan berlangsung di Universitas Brawijaya, Malang, bulan Oktober. Para pemenang dikembalikan ke kampus masing-masing untuk dibina lebih baik lagi," tuturnya.

Untuk diketahui, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh meraih total 9 juara; 7 Juara I dan masing-masing satu untuk Juara II dan III. Sedangkan Universitas Samudera, membawa pulang total 8 Juara; 4 raihan Juara I dan 4 Juara II.*