PALAS - Bayi perempuan yang ditemukan warga di bak sampah sekolah SD 0705 Alogo Pulogodang Desa Aliaga, Kecamatan Hutaraja Tinggi diserahkan pihak Polres Padanglawas ke pihak Dinas Sosial Kabupaten Palas. Sejak ditemukan, bayi tersebut diasuh seorang Bidan Puskesmas Hutaraja Tinggi. Bayi tersebut kondisi dalam keadaan sehat berjenis perempuan yang sampai saat ini ibu pembuang bayi tersebut masih dalam penyelidikan aparat penegak hukum. 
 
"Kondisi bayi dalam keadaan sehat karena dirawat seorang Bidan. Hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Palas, bayi tersebut diserahkan ke Dinas Sosial," kata Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi melalui Kasat Reskrim, AKP Aman Putra B.SH didampingi Kanit Reskrim Polsek Sosa, Iptu M Taufik Siregar.
 
"Bayi yang ditemukan warga di bak sampah lokasi sekolah telah kita serahkan kepada Dinas Sosial," katanya.
 
Dikatakan, ibu yang membuang bayi tersebut belum diketahui keberadaan sampai saat ini maaih dalam penyelidikan untuk pengusutan motip pembuangan bayi tersebut.
 
Kasat Reskrim berharap, apabila masyarakat mengetahui tentang ibu bayi tersebut mhn diberikan informasi kepada Polres Palas.
 
"Pihaknya sudah melakukan penyisiran disejumlah desa ditemukan bayi tersebut dan melakukan koordinasi dengan kepala desa Aliaga untuk membanting pihaknya dalam menemukan ibu bayi tersebut," ungkap AKP Aman.
 
Kepala Dinas Sosial, Achmad Fauzan Nasution SQ SHi MPdi melalui Kasi Bidang Rehabilitasi Sosial, Jamila Pohan mengatakan,pihak telah menerima proses penyerahan bayi dari pengasuhnya Bidan Puskesmas dari Kecamatan Hutaraja Tinggi didampingi pihak Polres Palas.
 
"Sesuai hasil musyasarah dan kesepakatan bersama,untuk mengurus dan memelihara bayi tersebut di serahkan kembali ke pengasuh sementara yakni Bidan Puskesmas Hutaraja Tinggi yang sejak ditemukan telah merawatnya ” terang Jamila, Sabtu (20/8/2022).
 
“Bayi ini untuk sementara akan di asuh oleh Bidan Puskesmas Hutaraja Tinggi sampai menunggu putusan pengadilan dan assement kelayakan untuk merawatnya," tambahnya.
 
"Bayi yang di temukan oleh warga Desa Aliaga dibak sampah sekolah kondisinya dalam keadaan sehat, awal  berat badan saat ditemukan 1,7 kg saat ini telah menjadi 2,5 kg. Usia bayi sejak ditemukan sampai saat  ini sudah 15 hari” imbuhnya.
 
Pekerja Sosial (Peksos) Anak atau Pendamping Anak Kementrian Sosial Munawir Sadjali Siregar mengatakan, setelah bayi ini  diserahkan ke pengasuh sementara.
 
Pihaknya bersama Dinas Sosial Kabupaten Palas  akan merekomendasikan ke pengadilan untuk penetapan anak terlantar serta penetapan orang tua angkat sesuai asesmen kelayakannya.
 
“Setelah ada putusan pengadilan, kita juga akan rekomendasikan penetapan orang tua angkat sesuai asesmen kelayakannya untuk  merawat bayi ini," ungkapnya.