TOBA - Untuk mendorong  HUT RI yang ke 77 tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan upacara bendera di Gedung Sapta Pesona, Jakarta. 
Upacara HUT RI Ke 77 yang dihadiri oleh seluruh Satker di lingkungan Kemenpar termasuk Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Sandiaga Uno.

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan seluruh staf/pegawai dan pejabat di bawah pimpinan Jimmy Bernando Panjaitan mengikuti upacara yang dilaksanakan Resor Kaldera Toba, Ajibata, Kabupaten Toba yang Susana pelaksanaan upacara berlangsung dengan penuh khidmat.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kesempatannya menjadi inspektur upacara HUT RI Ke 77 di Kementerian yang dipimpinnya mengenakan Baju Koje merupakan busana khas dari Suku Kaili, Palu, Sulawesi Tengah.sementara itu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengenakan pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa di peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022, Kemerdekaan RI dapat menjadi momentum untuk pulih lebih cepat dan tangguh agar siap menghadapi tantangan global serta bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia Maju di era globalisasi Dunia saat ini.

Lanjutnya, “Dengan upaya bersama melalui sektor parekraf, Insyaallah tahun 2022 Kemenparekraf menargetkan capaian 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024”. Sebut Sandiaga.

Usai mengikuti upacara, Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan dalam sambutan dan arahannya kepada seluruh jajarannya yang mengikuti Upacara di lapangan Toba Caldera Resort secara Daring mengucapkan dengan penuh semangat "Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 77 jadilah kita Tangguh dan Kuat".ucapnya.

Dalam harapannya kedepan Ia berharap, "apa yang disampaikan oleh Menparekraf tentang peringatan HUT RI ke 77 menjadi momentum kebangkitan bidang pariwisata terkhususnya pariwisata di Danau Toba menjadi pariwisata Internasional".

Kita semua berharap kedepannya jadilah danau toba yang berjaya yang akan dinikmati oleh wisatawan dalam negeri dari berbagai daerah Nusantara NKRI secara khususnya para wisatawan manca negara dari berbagai dunia internasional, sehingga dapat terciptanya lapangan kerja yang lebih luas serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat luas secara khusus masyarakat daerah se kawasan Danu Toba.tandasnya.

Usai mengikuti kegiatan seluruh jajaran BPODT yang dipimpin Dirut Jimmi Bernando Panjaitan melanjutkan acara dengan mengikuti acara detik-detik proklamasi BPODT sebagaimana acara puncak peringatan HUT RI ke 77.

Kegiatan puncak digelar dengan lomba panjat pinang berikut penampilan dari sanggar Dalihan Na Tolu Desa Sigapiton dan Sanggar Tari Ronauli Desa Parsaoran Sibisa.

Di acara Lomba panjat pinang yang dilaksanakan di Toba Caldera Resort yang diikuti oleh para peserta dari beberapa desa sekitar Toba Caldera Resort dan dimenangkan oleh tim dari Desa Parsaoran Sibisa.