SIMALUNGUN - Akibat hujan deras, sungai singkam yang berada di Jalan HAR Syihab Pasar Bawah, Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, meluap dan menggenangi rumah warga, Kamis (18/8/2022). Dalam kejadian ini masyarakat yang tinggal di sekitar bibir sungai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.
 
Kapolsek Serbelawan AKP Abdullah Yunus mengatakan kalau hingga sekarang air sungai belum surut, sehingga dirinya memerintahkan anggota Bhabinkamtibnas untuk turun ke lokasi membantu warga mengevakuasi barang-barang warga.
 
"Kalau menurut keterangan dari warga, air sungai Jalan HAR Syihab pasar bawah itu meluap sekitar pukul 04.00 Wib. Kalau ketinggian air kurang lebih 1 meter, masyarakat sudah mengungsi ditempat yang lebih tinggi," ucap AKP Abdullah Yunus melalui pesan whatsaap. 
 
Menurut keterangannya, air yang meluap itu diakibatkan hujan deras yang tidak kunjung redah, sehingga menimbulkan debat air yang masuk ke sungai singkam sangat besar sehingga sungai singkam pasar bawah tidak dapat menampung air dan meluap ke Perumahan Warga dan menutupi jalan.
 
"Dikarenakan air hingga sekarang belum surut, masyarakat masih berjaga-jaga mengantispasi banjir susulan yang lebih besar dan segera mengungsi," tuturnya.
 
Dalam hal ini, pihaknya menghimbau masyarakat agar mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, bahkan mereka juga masih melakukan kordinasi dengan Forkopimca prihal kejadian tersebut, guna mengambil langkah langkah selanjutnya dalam penanganan Bencan Banjir sungai pasar bawah.
 
Sedangkan dalam dalam kejadian ini korban jiwa hingga sekarang masih dinyatakan nihil, untuk kerugian sendiri masih belum dapat diperhitungkan.