PALAS- Puncak perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, Rabu (17/8/2022)
Rutan Kelas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan upacara sekaligus penyerahan remisi kepada warga binaan.
Upacara bertempat di lingkungan Rutan Klas II B Sibuhuan dimeriahkan dengan baju adat suku di indonesia yang dikenakan dikenakan seluruh jajaran pejabat struktural dan staf Rutan. Turut pula upacara diikuti perwakilan warga binaan.
 
Tampak juga hadir di kegiatan upacara proklamasi kemerdekaan RI ke 77 tersebut, Asisten I bidang pemerintahan dan pembangunan dan kesejahteraan rakyat, H Panguhum Nasution MAP dan Kasat Pol PP dan Damkar Palas, Agus Saleh Saputra Daulay SH.
 
Kepala Rutan Kelas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori SH bertindak sebagai inspektur upacara membaca amanat Menteri Hukum dan HAM RI Yasona H Laoly.
 
Dinamika waktu terus berjalan, katanya dalam kurun waktu dua tahun lebih kita telah melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan RI dalam kondisi pandemi Covid-19. Namun, pada hari ini puji tuhan bahwa kita telah dapat melaksanakan upacara peringatan secara langsung dan serentak diseluruh Nusantara.
 
"Di momen HUT RI ke 77 ini,kita menyerahkan remisi umum kepada 77 warga binaan permasyarakatan (WBP)," ujar Elizama didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga.SH.
 
Dikatakan, dari 77 warga binaan permasyarakatan yang menerima remisi umum HUT RI ke 77 tahun 2022 mendapat pengurangan hukuman 1 sampai 5 bulan.
 
Lebih lanjut, kata Elizama warga binaan yang berhak mendapat remisi ini adalah mereka yang telah divonis hukumannya secara incraht dan telah menjalani hukuman pidana selama enam bulan serta mengikuti program pembinaan dan kegiatan di Rutan.
 
Sementara itu, pakaian adat ciri khas daerah Sumut yang dikenakan pejabat struktur, pegawai dan staf rutan, dikatakan Elizama Gori sebagai bukti keberagaman suku -suku di seluruh wilayah indonesia.
 
"Hari ini, kita mengenakan pakaian adat daerah Tabagsel, termasuk saya sendiri mengenakan baju adat daerah," katanya.
 
Ia menambahkan, selama dua tahun terakhir segala aktivitas terhambat dan hanya dilaksanakan secara virtual dikarenakan pandemi Covid -19.
 
Dikesempatan itu, Asisten I Setdakab Palas, H Panguhum Nasution MAP mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Rutan dengan mengunakan pakai adat daerah.
 
'Dengan pakai adat ini mencerminkan kerafian lokal dan ciri khas budaya kedaerah yang memancar ke bhineka tunggal ika," ujarnya.
 
Pantauan GoSumut, selain baju adat dari berbagai daerah tapanuli bagian selatan Sumatera Utara yang dikenakan pegawai Rutan juga lingkungan rutan dihiasi dengan umbul -umbul dan diwarnai pemasangan bendera merah putih.