MADINA - Pawai karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 77 tahun 2022 di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berlangsung meriah, Selasa (16/8/2022). Masyarakat tumpah ruah menyaksikan arak–arakkan pawai karnaval yang diikuti oleh para siswa dari puluhan sekolah yang terdiri dari tingkat TK/SD/SMP/SMA di Kabupaten Madina.
 
Pawai karnaval yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina ini menampilkan pakaian adat dari berbagai provinsi di tanah air yang dikenakan peserta pawai serta penampilan marching Drum Band.
 
Dari pantauan lokasi dipanggung kehormatan di depan Bank Sumut Cabang Panyabungan di jalan protokol Kecamatan Panyabungan, terlihat Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution, Wakil Bupati Atika Azmi Utammi, Ketua DPRD Erwin Efendi Lubis, Kapolres Madina AKBP.Muhammad Reza dan Ketua TP-PKK Eli Maharani, serta pejabat Forkopimda lainnya.
 
Meski perayaan ini menimbulkan kemacetan, namun warga antusias menyaksikan pawai karnaval yang diikuti dari tingkat pelajar tersebut.
 
Dari sejumlah peserta karnaval juga menunjukkan keahlian dalam memperagakan pancak silat dan mempertunjukkan seni musik tardisional Gordang Sembilan.
 
Terik matahari pun tak menjadi masalah buat warga yang turut langsung menyaksikan pawai karnaval tersebut.
 
Serperti yang di ucapkan salah satu penonton Ibu Jannah (48) asal Desa di Kecamatan Panyabungan Timur.
 
Dia menggungkap bahwa dirinya bersama rombongannya sudah sejak dari tadi pagi sudah berada di Kota Panyabungan dimana puncak acara pegelaran itu dibuat oleh Pemda Madina.
 
Pawai karnaval tersebut dimulai sekira pukul sebelas dan berakhir pukul 13.00 Wib. Peserta pawai karnaval di tinggkat pelajar tersebut start dari Pasanggarahan Panyabungan hingga samapi kepanggung kehormatan.