LABUHANBATU - Sebanyak 53 calon mahasiswi Program Studi Kebidanan Institut Teknologi dan Kesehatan (ITKes) Ika Bina mengikuti tes seleksi penerimaan mahasiswa baru, Senin (8/8/2022).
 
Seleksi ini terdiri dari 2 bagian, yaitu uji kesehatan dan uji tulis. Di mana, 25 orang mengikuti uji kesehatan dan sisa mengikuti ujian tulis.

Uji kesehatan ini dipimpin langsung Rektor ITKes Ika Bina, Rani Darma Sakti Tanjung, S.ST, M.Kes.

Rani menjelaskna, ITKes Ika Bina merupakan pengembangan dari Akademi Kebidanan Ika Bina Labuhanbatu dengan Program studi Kebidanan, Keperawatan dan juga 2 Program studi baru Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

"Namun tes kesehatan ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa fakultas kesehatan. Hal ini untuk mengetahui kemampuan fisik mahasiswa yang akan menempuh kuliah di bidang kesehatan. karena berkaitan erat dengan perkuliahan praktek nanti," kata dia.

Tes buta warna, sambung dia, merupakan salah satu tes yang paling utama, karena tidak mungkin akan meluluskan apabila ada yang buta warna.

"Hal ini bisa membahayakan nyawa manusia jika ada yang buta warna," ujarnya.

Di hari ini juga diadakan pertemuan antara pihak ITKes Ika Bina dengan para orangtua calon mahasiswa baru untuk membahas tentang biaya perkuliahan dan juga tata perkuliahan selama perkuliahan di Prodi Kebidanan Ika bina.