PALAS -Ahmad Zarnawi Pasaribu dinobatkan gelar adat 'Patuan Seribu Raja' dan Ny Ema Nurul ditabalkan dengan gelar 'Gahara Bulan Purnama Hasibuan' oleh Raja Luat Sosa Julu dan Raja-raja Luat lainnya serta Pemangku Adat Kabupaten Palas.
 
Secara resmi penobatan gelar adat kepada drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si dilaksanakan secara adat, bertempat di Bagas Godang Bukit Berbunga, Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Jumat (5/8/2022).

Ketua Pemangku Adat Kabupaten Palas, Sutan Parlindungan Hasibuan didampingi Patuan Banggor usai kegiatan sidang adat mengatakan, Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ny Ema Nurul secara resmi telah dinobatkan gelar Patuan Seribu Raja dan Gahara Bulan Purnama Hasibuan.

Proses penabalan gelar terhadap H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ny Ema Nurul melalui proses marpangir ketapian raya bangunan yang dilaksanakan para raja-raja luat wilayah Tabagsel dan Tapanuli Tengah.

"Setelah dilaksanakan penabalan gelar di tapian raya bangunan, Ahmad Zarnawi dan Ny.Ema Nurul kembali diarak ke Bagas godang Bukit Berbunga dan dilanjutkan dengan tor-tor dua sejoli serta par onang onang menyampaikan riwayat hidup Ahmad Zarnawi Pasaribu," sebutnya.

Di momen ini, sambungnya, Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama istrinya Ny Ema Nurul sampai meneteskan air mata mengenang perjuangan orangtuanya begitu gigih dalam mendidik dirinya sehingga meraih kesuksesan sebagai Plt Bupati Palas saat ini.

Penanabalan gelar juga dirangkai dengan acara mengayun dan akikah terhadap putrinya di Bagas Godang yang berlangsung selama dua hari mulai Jumat dan Sabtu (5-6/8- 2022).

Pantuan dilokasi acara penabalan gelar berjalan dengan khidmat dan haru terlihat juga para tokoh masyatakat, tokoh adat, tokoh agama serta warga sekitar Pasar Ujung Batu.