TAPTENG -Personil Bhabinkamtibmas Polsek Pandan Polres Tapanuli Tengah Aipda Dedy Irwanto mendampingi petugas Vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di tiga Kelurahan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (4/8/2022).
 
Penyuntikan Vaksin PMK hewan ternak seperti lembu dan kerbau dilakukan di tiga lokasi yaitu Kelurahan Sibuluan Nauli, Kelurahan Sihaporas dan Kelurahan Sibuluan Terpadu, Kecamatan Pandan yang dilaksanakan Dinas Pertanian Tapteng dengan mendatangi hewan ternak di kandang yang didampingi oleh pemilik ternak.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Drh Wahyu Sihombing, Drh Lenni Hutagalung, Lurah Sibuluan Nauli, Kordinator BPP Pandan, Penyuluh/ Supervisor BPP, PPL Kecamatan Pandan, PPK Kecamatan Sarudik serta pemilik ternak yang ada di tiga wilayah Kelurahan.

Vaksin ini dilakukan terhadap 98 ekor ternak antara lain 69 ekor dengan 9 pemilik ternak di Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, 17 ekor dengan 2 pemilik ternak di Kelurahan Sihaporas, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah dan 12 ekor dengan 2 pemilik ternak di Kelurahan Sibuluan Terpadu, Kecamatan Pandan, Tapteng.

Dokter Hewan yang bertugas melakukan vaksinasi menyampaikan, Vaksin PMK diberikan kepada hewan ternak yang sehat sejak umur minimal 2 Minggu.

Sedangkan untuk dosis yang akan diberikan kepada hewan ternak adalah untuk hewan ternak yang besar seperti kerbau, sapi 2 Mili per ekor.