HUMBAHAS - Pemerintah Kabupaten Humbahas melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olah Raga menggelar Festival Raja Sisingamangaraja XII di Geosite Sipinsur Sabtu, 30/07/2022 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.

 
Festival Sisingamangaraja digelar dengan menampilkan berbagai atraksi seni budaya tradisional Batak diantaranya : Mossak, Fragmen Sisingamangaeaja XII, Tor - Tor, Uning Uningan, Gondang Bolon, Permainan Tradisional, Lake Toba Fashion Week,Lomba mewarnai Gambar Sisingamangaeaja, Lomba Marturiturian, Fashion Show Thema : Siboru Loppian.

Kadis Budaya Pariwisata dan Olah Raga Jakkon H Marbun ketika dikonfirmasi Gosumut.com menjelaskan, pagelaran Festival Sisingamangaraja XII Tahun 2022 turut didukung oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) berikut beberapa perusahaan swasta, BUMN/BUMD.

Suksesnya pelaksanaan Festival Sisingamangaraja dari mulai tahapan perencanaan sampai puncak hari H (Sabtu,30/07/2022) tidak lepas dari peran serta BPODT dalam memberikan berbagai masukan dan dukungan kepada panitia," akunya.

BPODT juga memberikan dukungan pembinaan kepada para pelaku dan penggiat seni budaya tradisional Batak di Kabupaten Humbahas dalam upaya membina sanggar sanggar seni Budaya untuk lebih giat meningkatkan kreasi dan kreatifitas seninya untuk bisa tampil di berbagai iven kepariwisataan khususnya di Festival Sisingamangaraja XII tahun 2022 ini.

"Melalui kegiatan ini harapan kita kedepan akan mendorong peningkatan wisatawan untuk hadir berkunjung dilokasi wisata Geo Site Sipinsur dan berbagai lokasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Humbahas demi peningkatan ekonomi masyarakat dan pelaku UMKM dari sektor pariwisata yang juga didukung oleh BPODT," sebut Jakkon.

Kehadiran Dirut BPODT di Festival Sisingamangaraja XII tahun 2022 diwakili oleh Kadiv Pemasaran Pariwisata Mancanegara Nelson Lumbantoruan di dampingi Kadiv Umum Mosanda Tampubolon.

Dirut BPODT melalui Kadiv Umum Mosanda Tampubolon menjelaskan, kehadiran BPODT di Festival Sisingamangaraja XII Kab.Humbahas karena festival Sisingamangaraja XII tahun 2022 ini adalah bagian dari Calender Of Iven Pariwisata Danau Toba yang telah di lounching oleh BPODT di beberapa bulan yang lalu.

Turut sertanya BPODT mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan Festival Sisingamangaraja erat kaitannya dengan visi dan misi BPODT dalam upaya peningkatan dan pelestarian seni budaya tradisional Batak secara khusus mengingatkan kembali akan perjuangan Raja Sisingamangaraja XII di tanah Batak sebagai sosok pahlawan Nasional di NKRI.

"Salah satu visinya BPODT dalam upaya mengembangkan Pariwisata Danau Toba adalah menjadikan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super prioritas yang premium dan berkelas Dunia dengan mengedepankan seni budaya Batak dan berbagai kearifan budaya lokal lainnya salah satunya Festival Raja Sisingamangaraja XII," ujarnya.

Di Festival Sisingamangaraja ini para pelaku atau penggiat seni Budaya Batak Kabupaten Humbahas memunculkan berbagai atraksi seni budaya Batak yang sebelumnya telah tertinggalkan dan sudah hampir terlupakan diantaranya : Mossak, Fragmen perjuangan Raja Sisingamangaraja XII, Tor - Tor Tradiaional Batak, Uning Uningan, Gondang Bolon, Permainan Tradisional, Lomba Marturiturian.

Ditambahkan Mosanda, Untuk lebih mengenal sosok Raja Batak Raja Sisingamangaraja XII salah satu pejuang kemerdekaan NKRI (pahlawan Nasional) pejuang dari Tanah Batak yang memperjuangkan tanah Batak dari tangan penjajahan Belanda pada masanya, khusus bagi anak anak usia 7 Tahun kebawah digelar Lomba mewarnai Gambar Raja Sisingamangaraja XII dan untuk anak Remaja menampilkan Fashion Show dengan Thema : Siboru Loppian putri kesayangan Raja Sisingamangaraja XII.

Kekayaan seni Budaya Batak ini sangatlah penting ditampilkan di berbagai iven kepariwisataan dalam upaya pengembangan kepariwisataan Danau Toba menjadi Destinasi Pariwisata Internasional yang bertujuan untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung di lokasi wisata Kabupaten Humbang Hasundutan.harap Mosanda.

Turut hadir dipelaksanaan kegiatan Festival Sisingamangaraja XII Dandim 0210 TU Letkol Inf.Harri Sandra, Kapolres Humbahas AKBP. Achmad Muhaimin,S.I.K. M.H, Kejari Humbahas Iwan Ginting,S.H. ,Ketua PN Golom Silitonga,S.H. M.H. dan beberapa pejabat Daerah Pemkab Humbahas,hadir mewakli Dirut BPODT Kadiv Pemasaran Pariwisata Mancanegara Nelson Lumbantoruan di dampingi Kadiv Umum Mosanda Tampunolon.