TOBA - Kegiatan menembak kembali akan digelar di kawasan wisata Danau Toba. Sesuai perencenaan perlombaan Grand Prix Long Range Shooting Seri Lake Challenge Seri IV tahun 2022 akan dilaksanakan di Desa Sipolha Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun. Penetapan tempat ini berdasarkan rapat Panitia yang digelar Selasa, (26/6/2022). Terpilihnya Desa Sipolha sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan karena keberadaannya di pesisir Danau Toba Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun menawarkan garis pantai yang panjang dan indah.
 
Keberadaan garis pantainya yang panjang dan terbilang bagus serta bersih salah satu andalan desa ini.
 
Apalagu wisatawan dari berbagai wilayah hampir setiap hari mengunjungi lokasi wisata Desa Sipolha, khususnya di akhir pekan pengunjungnya lebih ramai untuk sekedar bermain air di danau atau berkemah di pinggir pantai. 
 
Bukit Indah Sipolha, saat ini menjadi daya tarik baru bagi para pengunjung yang datang. Bukit ini tidak terlalu tinggi dan sangat strategis digunakan untuk berkemah di atasnya yang menawarkan pemandangan danau yang luas beserta pulau Hole dan Kota Parapat di kejauhan
 
Benni Martopo, panitia kegiatan, Selasa (26/7/2022) menyampaikan, perlombaan ini sebagai sarana kompetisi yang diselanggarakan ini sebagai wujud kecintaan terhadap olahraga menembak high power rifle. 
 
Kegiatan tersebut juga sebagai ajang mengasah dan meningkatkan kemampuan atlet menembak serta upaya meningkatkan prestasi menembak khususnya di jarak long range hingga di jarak tembak 1,2 km. 
 
Perlombaan ini juga menguji kemampuan fisik dan mental para peserta karena kegiatan ini dipadukan dengan berbagai kegiatan lintas alam, kerjasama tim, waktu penembakan yang cepat serta jarak dan sudut tembak yang beragam.
 
Ia berharap melalui perlombaan ini dapat mendongkrak popularitas Danau Toba sebagai destinasi parawisata internasional dan dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya menggalakkan internasional sport tourism Indonesia khususnya di Danau Toba.
 
Salah satu upaya menggalakkan patiwisata Danau Toba di antaranya; pelaksanaan prlombaan grand prix long range shooting seri lake challenge seri IV dengan kehadiran para petembak internasional.
 
Di sini lanjutnya, setiap peserta menembak dituntut mengutamakan semangat sportifitas yang tinggi untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.
 
Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT Wahyu Dito Galih Indharto dalam keterangan persnya menyampaikan, pihaknya mendukung pelaksanaan kegiatan perlombaan Grand Prix Long Range Shooting Seri Lake Challenge Seri IV di tahun 2022.
 
"Karena dengan pagelaran kegiatan tersebut salah satu upaya mendukung kepariwisataan di Danau Toba sebagaimana program BPODT mengembangkan destinsi pariwisata Danau Toba go internasional," ujarnya.
 
Lanjutnya, ia meminta agar panitia penyelenggara dan pendukung memperhatikan faktor keamanan guna menjamin kelancaran jalannya pertandingan