PALAS - Kejaksaan Negeri Kabupaten  Padanglawas (Palas) menggelar donor darah di lingkup internal yang diikuti jaksa maupun anggota keluarga dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adyaksa (HBA) ke-62 tahun 2022. Selain anggota keluarga kejaksaan, turut berpartisipasi pejabat penting dan ASN dilingkungan Pemkab Palas. Kegiatan donor darah Kejari Palas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Sibuhuan.
 
Kepala Kejaksaan Negeri Palas, Teuku Herizal SH MH melalui Kasi Intel, Muhardani Budi Septian SH, Selasa(19/7/2022) mengatakan, donor darah dilakukan sebagai dukungan bagi ketersediaan darah di Kabupaten Palas bagi  yang memerlukan persediaan darah.
 
"Tujuan digelarnya donor darah untuk membantu ketersediaan darah karena kebutuhan darah di daerah setempat sehingga kami berharap donor darah ini bisa menambah persediaan darah untuk Kabupaten Palas," ujarnya.
 
Selain itu, donor darah juga bagus bagi kesehatan individu karena rajin mendonorkan darah menurunkan resiko serangan jantung, kanker dan stroke disamping membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.
 
Dikatakan, pelaksanaan donor darah bekerja sama dengan RSUD Sibuhuan  dan darah pendonor akan diserahkan kepada mereka yang memerlukan di rumah sakit milik pemerintah itu.
 
"Target kami, sebanyak 30 kantong darah bisa dikumpulkan dari kegiatanb donor darah ini. Tentu saja, kami berharap darah pendonor bisa digunakan untuk membantu masyarakat lain yang membutuhkan," ucapnya.
 
Ditambahkan, sejumlah kegiatan menyemarakan HBA ke-62 digelar Kejari Palas diantaranya bakti sosial pembagian paket sembako ke panti Jompo Aminah yang berlokasi di lingkungan I Kelurahan Pasar Sibuhuan untuk hari ini.
 
Sebelumnya Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan, pihak pemerintah ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah dalam rangka  menyambut HUT Hari Bhakti Adhyaksa(HBA) ke 62 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke XXII Tahun 2022.
 
"Keikutsertaan ASN dilingkungan pemerintah setempat sebagai bentuk dukungan kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Palas dalam membangun sinergitas yang harmonis," katanya.
 
Ia berharap, melalui kegiatan donor darah diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah untuk ketersedian kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.
 
"Kita mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar pihak Kejari Palas untuk kepedulian kemanusian yang bermanfaat besar bagi masyarakat setempat," pungkasnya.