PALAS -Kontingen Kwarcab Pramuka Kabupaten Padanglawas (Palas) meraih prestasi juara umum Kemsama Bima di kegiatan Jambore Daerah (Jamda ) tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022. Kegiatan Kemsama tingkat Provinsi Sumut diikuti anggota pramuka dari berbagai Kwarcab se Sumut di Bumi Perkemahan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang berlangsung selama  tiga hari mulai 15-17 Juli 2022.
 
Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Palas, Zainuddin Hasibuan SPd MM mengatakan selain juara umum Kemsama di Jamda Sumut, kontingen pramuka Palas juga berhasil meraih juara 1 Pionering Putri, Juara II Pionering Putra dan Juara II Lomba Tari Tradisional.
 
"Prestasi juara yang diraih  pada tiga jenis perlombaan yaitu Kemsama, Pionering dan Tari Tradisional sebagai keberhasilan yang menjadi kebanggaan bagi anggota pramuka penggalang dan penegak," katanya, Minggu (17/7/2022) melalui pesan WhatsApp.
 
Untuk mencapai hal tersebut, kata Zainuddin, kontingen pramuka Kabupaten Palas terus berlatih dan melakukan persiapan selama kurun waktu tiga bulan sebelum pelaksanaan Jamda Provinsi Sumut.
 
“Adapun kesiapan yang dilakukan meliputi persiapan perbekalan sarana, prasarana dan kelengkapan lain yang terkait dengan perkemahan serta kegiatan perlombaan di jambore daerah sumatera utara (Jamdasu)," jelasnya.
 
Ia menambahkan, kemampuan dan keterampilan anggota pramuka telah mampu menunjukan talenta yang menjadi kebanggaan bagi Kwarcab Pramuka Kabupaten Palas.
 
Pimpinan Kontingen Pramuka Kabupaten Palas, Rusyanto SPd menyampaikan, kontingen pramuka Kwarcab Palas yang diberangkat untuj mengikuti  Jamda sebanyak 80 peserta  tingkat penggalang sedang kegiatan Kemsama sebanyak 17 peserta tingkat penegak.
 
Ia berharap, kepada kontingen pramuka untuk dapat mempertahankan prestasi yang diraih di kegiatan Jamda Sumut ini dapat terus dipertahankan pada kegiatan Jambore Nasional yang akan digelar pada Agustus mendatang di Cibubur Jawa Barat.