PADANGSIDEMPUAN - Jumlah hewan kurban di Kota Padang Sidempuan pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah tahun ini tercatat sebanyak 1.353 ekor yang terdiri dari 1.308 lembu dan 45 kambing. Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH mengatakan berdasarkan hasil pendataan sampai dengan sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha, total hewan kurban tersebut disembelih di 42 desa dan 39 kelurahan.
 
"Alhamdulillah, semangat berkurban masyarakat Kota Padang Sidempuan tahun ini sangat tinggi. Kami sangat mengapresiasi itu," kata Irsan didampingi Wakil Walikota Ir H Arwin Siregar, MM dan Sekdako H. Letnan Dalimunthe SKM MKes, di Masjid Agung Al Abror, Minggu (10/7/2022).
 
Sesuai hasil pemeriksaan, lanjut Irsan, Gugus Tugas yang terdiri dari balai veteriner, Pemko Padang Sidempuan, TNI dan Polri, semua hewan kurban ini dinyatakan bebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PKM).
 
"Sejak sebulan yang lalu, kita aktif memeriksa lembu, kerbau dan kambing di seluruh kecamatan. Kemudian di empat pintu masuk Kota Padang Sidempuan didirikan pos chek point pemeriksaan ternak yang didatangkan dari luar kota," jelas Irsan.
 
Selain itu, sebanyak 200 lebih panitia kurban di seluruh desa dan kelurahan telah dikumpulkan dan diberikan pemahaman tentang tata cara deteksi PMK pada hewan qurban.
 
Pada kegiatan tersebut, Pemko Padang Sidempuan juga menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna mensosialisasikan tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam.
 
"Kepada panitia kurban, kami berulang kali mengingatkan agar benar-benar mendata seluruh warganya. Jangan sampai ada yang tidak kebagian daging kurban," pungkasnya.