LANGKAT - Delia Pratiwi Br. Sitepu, SH Anggota DPR RI Komisi X menggelar
Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) Dengan Gotong Royong Semua Tertolong, di Lapangan Belakang Kantor Pemerintahan Kecamatan Gebang, Langkat, Rabu ( 29/6/2022).

Camat Gebang Dra. M. Tuti Hendarsih Sulaiman dalam sambutan dan membuka sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional menyampaikan reses Delia Pratiwi tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKM).

Kendala di tengah masyarakat segala permasalahannya tentang kesehatan dan ketenagakerjaan akan di sampaikan dan di jelaskan langsung oleh Ibu Delia Pratiwi Br. Sitepu, SH sebut camat.

Pasca pandemi Covid-19 ekonomi masyarakat agak terpuruk, apakah ada pengurangan pembayaran BPJS yang mandiri, selain itu adakah yang gratis, terang Tuti.

Di tempat yang sama, Suprianto Syahputra Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Cabang Medan membawahi wilayah Binjai - Langkat dalam penyampaiannya mengatakan dari 1,65 juta penduduk Kabupaten Langkat ada 115.000 pemegang kartu JKN. Ada 500.000 warga di tanggung iuran APBN.

Bagaimana caranya agar Ibu Delia Pratiwi Br. Sitepu, SH bisa memperjuangkan agar di tanggung APBN?

Untuk itu agar terdata DTKS Dinas Sosial Kabupaten Langkat. Selain itu bisa lewat penerimaan iuran PBI yang hanya 40.000 daya tampungnya.

Sementara itu jika di Provsu Aceh melalui KTP bisa mendapatkan layanan kesehatan. Tidak ada pungutan biaya dalam menggunakan kartu JKN dalam layanan kesehatan, kata Suprianto.

Cetak kartu lewat WA 08118165165 tampa hatus datang ke kantor BPJS dari pukul 08.00 - 15.00 Wib tandasnya.

Berkaitan itu, Delia Pratiwi, SH Anggota DPR RI dalam sambutan dan arahan menyampaikan BPJS ada 2 yaitu kesehatan dan tenaga kerjaan. Yang populer adalah BPJS Kesehatan.

"Kelemahan kita adalah menunggu sakit baru ngurus BPJS. Jangan mengegoiskan diri sudah sakit baru ngurus BPJS," tegasnya.

Putri Sulung mantan bupati Langkat 2 Periode H Ngogesa Sitepu SH memaparkan Iuran BPJS Kelas l Rp. 150. 000, Kelas ll Rp. 100.000 Kelas lll Rp. 35.000.

Sebaiknya, dia mengatakan, sejak anak lahir langsung didaftarkan sebagai peserta BPJS," jelas Delia. *