PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas)  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar deklarasi pilkades damai. Deklarasi pilkades damai ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama 288 para calon kepala desa yang akan mengikuti pelaksanaan pilkades serentak Tahun 2022,di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.
 
Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi berharap melalui kesepakatan bersama ini diharapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) dapat berjalan aman, nyaman, damai dan tertib di seluruh desa.
 
Ada beberapa hal yang harus dipahami semua calon kepala desa, kata Plt Bupati mengingatkan, tetap menjaga persaudaraan di desa, jangan tercerai berai karena pilkades, tidak terjadi tindakan kriminal serta jangan saling fitnah satu dan lainnya.
 
"Bangun kearifan lokal dengan baik, apabila ada permasalahan dapat diselesaikan dengan baik melalui musyawarah dan mufakat melibatkan kahanggi, anak boru dan mora," katanya, Selasa(28/6/2022).
 
Dengan tujuan, sambungnya  agar hubungan tali persaudaraan dan silaturahmi tetap terjalin dengan baik di setiap desa.
 
Dikesempatan itu, Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi mengajak, seluruh calon kepala desa peserta pilkades untuk menciptakan kantibmas yang kondusif.
 
"Bagi calon kepala desa yang belum berhasil terpilih dipilkades agar bersikap legowo dan sebaliknya bagi yang berhasil terpilih dapat merangkul semua pihak guna terciptanya situasi aman dan damai," pesan Kapolres.
 
"Mari kita jaga hubungan silaturrahmi dan tali persaudaraan untuk menciptakan hubungan yang harmonis di tengah masyarakat," harapnya.
 
Untuk diketahui bersama,sesuai jadwal tahapan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Palas  digelar 6 Juli 2022 ini.
 
Hadir dikegiatan deklarasi pilkades damai, Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar, Kajari Palas Teuku Herizal SH, MH, Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten Arh Saleh Hasibuan, Asisten I Pemkab Palas H Panguhum Nasution, Inspektur Palas Harjusli Fahri Siregar dan Plt Kadis PMD Palas M Faisal Amrin Siregar SAP MM serta Kabid Pemdes, M Yusuf Hutajulu