MEDAN - Madrasah Ibtidaiyah (MI ) Terpadu padang Sidimpuan menggelar kegiatan pentas seni, Sabtu (25/6/2022). Kegiatan pentas seni tersebut mempertunjukkan pencapaian setiap anak untuk semester ini. Di mana seluruh anak didik tanpa terkecuali menunjukkan kemampuannya di hadapan para orang tua siswa.

Dalam keterangan persnya yang diterima Minggu (26/6/2022) Ketua Panitia, Nina Suryani Tanjung, S.Pd sekaligus Wakil kesiswaan MI Terpadu padang sidimpuan mengatakan kegiatan pentas seni ini digelar sekaligus penerimaan hasil penilaian akhir Tahun MI Terpadu Mutiara Padang sidimpuan.

Kegiatan pentas seni ini lanjutnya, untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

"bahwa anak ‘Istimewa’ dan ‘mampu’ berprestasi sesuai dengan bakatnya," ujarnya.

Dalam kegiatan ini sebutnya, setiap anak berdiri sesuai minat yang dimilikinya yang sejak awal sudah ditentukan oleh guru tentu dengan kesepakatan orang tua siswa.

Kepala sekolah MI Terpadu padang sidimpuan, Herti sitompul SPd mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya memberikan penghargaan berupa thropy kepada 23 orang anak yang memiliki nilai terbaik secara akademik tapi anak yang berhasil melewati proses di semester ini dengan baik.

Ia menjelaskan kriteria baik tersebut; tidak pernah bolos sekolah, disiplin, ibadahnya lebih baik seperti sholat wajib dan ibadah sunnah berupa tilawah Alquran, puasa Senin dan Kamis.

"Ini sesuai dengan tema yang di pilih 'Belajarku tuntas prestasiku berkualitas," ujarnya.

Ia juga memaparkan siswa-siswi akan dipandu menjadi generasi yang Qurani setiap anak akan mencintai Alquran meskipun bakatnya bukan di tahfidz Alquran.

"Hal ini dibuktikan dengan kegiatan ujian munaqosyah setidaknya ananda sami Ghozi yang masih kelas tiga dari ekstrakurikuler matematika sudah melewati hafalan juz 30nya, bahkan akan di susul oleh teman-temannya yang Insya Allah akan menuntaskannya setelah kembali belajar di ajaran 2022/2023 nanti. Beliau juga menuturkan setiap lulusan akan mencapai 3 juz hafalan

MI Terpadu Mutiara sebagai wadah pengembangan potensi anak menyiapkan tujuh kegiatan ekstra kurikuler yaitu; Tahfidz Quran, Ekstra kurikuler Matematika, Ekstra kurikuler Sains, Ekstra kurikuler Sastra/literasi, Silat, ekstra kurikuler Nasyid dan seni lukis.

"Setidaknya tujuh pilihan ini sudah mencukupi ruang bagi siswa -siswi untuk mengembangkan bakatnya," pungkasnya.