PALAS - Polres Padanglawas (Palas) melaunching peresmian Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) di lingkungan II, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Jumat (24/6/2022). Peresmian kampung bersih narkoba tersebut mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.
 
Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si mengatakan, tujuan diresmikannya kampung bersih narkoba ini untuk memberikan edukasi kepada lapisan masyarakat serta stakeholder terkait untuk ikut andil dalam program pemberantasan dan penyalagunaan narkoba.
 
"Dengan diresmikan kampung bersih narkoba ini tentu dapat meminimalisir penyalahgunaan narkoba mulai dari lingkungan terkecil seperti lingkungan dan desa," terangnya.
 
Kapolres berharap, dukungan semua pihak untuk turut serta mewujudkan program kampung bersih narkoba di setiap lingkungan yang ada khususnya di wilayah hukum Polres Palas.
 
"Dengan diresmikan kampung bersih narkoba ini, bukan sekedar seremonial semata tetapi keikutsertaan masyarakat menjadi penting untuk memberantas peredaran narkoba," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Kasat Narkoba Polres Palas, AKP Agus M.Butar - Butar SH menyampaikan, program kampung bersih narkoba ini juga akan ikut diperlombakan dalam rangkaian memeriahkan HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022 ini.
 
Melalui program Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) ini, sambungnya, sebagai salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba serta meningkatkan pendampingan masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas kampung atau desa bersih narkoba yang dikelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumberdaya di tingkat lingkungan dan desa.
 
Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si diwakili Sekda, Arpan Nasution, S.Sos berterima kasih kepada Polres Palas meresmikan  kampung bersih narkoba.
 
"Pemerintah mendukung program pemberantasan narkoba dalam menciptakan wilayah bersih dari jaringan peredaran narkotika," katanya.
 
Ia berharap, seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait ikut terlibat mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba khususnya di Kabupaten Palas.
 
"Dukungan elemen masyarakat untuk pemberantasan narkoba memiliki andil penting guna terwujudnya kampung bersih narkoba ssbagai cermin keikut sertaan peran  masyarakat untuk memberantas aktivitas peredaran narkoba di wilayah ini," harapnya.
 
Hadir di kegiatan launching kampung bersih narkoba tersebut, Ketua DPRD Palas diwakili anggota dewan H. Fahmi Anwar Nasution, Kepala Kejaksaan Negeri Palas, Teuku Herizal SH.MH, Pabung Kodim 0212 TS, Kapten Arh Saleh Hasibuan, Lurah Pasar Sibuhuan, Kepala Lingkungan,Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.