SIBOLGA - Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022, Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, menanam pohon di Jalan Mayjend Agus Marpaung, Kelurahan Simare-Mare, Kecamatan Sibolga Utara. Kegiatan ini juga dirangkai dengan gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga Gg. Bagan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota.
 
Peringatan HLHS mengusung tema ‘Satu Bumi Untuk Masa Depan dan HPSN di Kota Sibolga bertemakan Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim’. Dua agenda tahunan ini menjadi agenda rutin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 
 
Jamaluddin berharap kegiatan dapat memperkuat sektor pengolahan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor persampahan.
 
“Permasalahan sampah di Kota Sibolga belum selesai dan semakin kompleks. Untuk itu, kami akan melakukan penataan pengelolaan sampah yang dimulai dari tingkat lingkungan di masing-masing kelurahan, dan berharap permasalahan sampah dapat teratasi," kata Wali Kota Sibolga, Kamis (23/6/22).
 
Sementara, Plt Kadis PKPLH Kota Sibolga, Ir. Tumbur M Harahap menjelaskan kegiatan yang digelar ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah.
 
Usai memberikan secara simbolis tong komposter CSR PT. BanK Sumut Cabang Sibolga, Wali Kota juga menyerahkan buku tabungan Bank Mandiri (Persero) kepada 100 penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).
 
Turut hadir Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, Wadanramil 06 Kota perwakilan Dandim 0211/TT, Letda Inf Rusliadi, Sekda M. Yusuf Batubara, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Pimpinan Cabang PT. Bank Sumut Kota Sibolga, Muhammad Fadhil, mewakili Kepala Cabang Bank Mandiri (Persero), Ricky Panjaitan.