Toba, Gosumut.
 
 
 
SMP Negeri 2 Pintu Pohan Kecamatan Pintupohan Meranti Kabupaten Toba Sumatera Utara berdiri dari sejak tahun 2002 lalu.saat ini memiliki 10 orang tenaga guru pendidik yang bertugas, dengan jumlah siswa/i nya sebanyak +_ 135 orang siswa/i.
Diera zaman tehnologi yang makin canggih saat ini tak bisa dipungkiri semua pelayanan sudah beralih ke tehnologi digital.demikian halnya dengan tuntutan peningkatan pelayanan pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar sehari hari kini telah menghadapi perubahan zaman mengunakan tehnologi digital internet.
 
 
Menyikapi hal tersebut oleh PT INALUM (Persero) perusahaan yang merupakan bagian dari MIND ID, pada 2021 lalu oleh PT.INALUM (Persero) telah membangun tower dan wifi untuk membantu para guru tenaga pendidik khususnya para siswa/i SMPN 2 Pintupohan dalam upaya peningkatan pasilitas layanan belajar mengajar bagi seluruh siswa/i nya dengan mengunakan jejaring internet.
 
 
Kepala Sekolah SMPN 2 Pintu Pohan Jalusmin Tampubolon kepada www.gosumut.com Rabu,22/06/2022 dan kepada beberapa awak media menyampaikan, dengan kehadiran perangkat dan jaringan internet yang dibangun dan diberikan oleh PT.INALUM (Persero) yang diserah terimakan Senin,20/06/2022 sangat sangat luar biasa membantu kami, khususnya para anak didik dalam menikmati sistim pelayanan pembelajaran Dalam Jaringan Internet (Daring).
 
 
Ditegaskannya, dengan kehadiran internet dan berbagai fasilitas perangkatnya di sekolah kami ini benar-benar membantu operasional belajar mengajar yang selama ini sangat 
 
terbatas terhadap akses internet.
 
 
Dengan dihadirkannya tower dan wifi oleh PT INALUM (Persero), kegiatan belajar mengajar menjadi lebih modern khusus ya siswa/i sangatlah terbantu dan termotivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar. 
 
 
Ditambahkannya, Diluar dari bantuan tiang tower dan jaringan WiFi, kami juga menerima bantuan dari PT.INALUM (Persero) beberap unit komputer.sebutnya dengan nada semangat.
 
 
Pemberian bantuan ini jelas sangat sangat membantu kami khususnya para siswa/i.khusisnya dengan bantuan fasilitas jaringan internet tersebut anak didik kami dan warga sekitar lebih leluasa mendapatkan berbagai informasi dari seluruh dunia melalui jejaring internet dan media sosial lainnya melalui seluler milik masing masing. 
 
 
Tentunya juga sekaligus membantu para guru sebagai tenaga pendidik untuk bisa lebih mengembangkan semangat belajar para siswa/i” terang Jalusmin.
 
 
Dipo Alamsyah dan Bayu Romadoni, dua siswa sekolah SMPN 2 Pintupohan dengan bangga dan senangnya kepada gosumut menyebut, bantuan jariangan internet yang diberikan PT INALUM (Persero) membantu proses belajar mereka disekolah serta memudahkan mereka untuk mendapatkan mengetahui berbagai informasi akan berbagai perubahan dan perkembangan di Indonesia dan dunia. 
 
 
Bayu Romadoni juga mengatakan jaringan internet yang telah hadir disekolah kami, Sudah kami coba untuk ujian kemaren dan membuka berbagai materi pelajaran sekolah di jaringan internet.kami sangat senang sekarang, 
 
sekolah kami sudah ada internetnya dan jaringan Wifi nya juga.disaat ujian kami sudah bisa mengunakan 
 
komputer dan internet sekolah berkat jaringan yang dibangun oleh perusahaan INALUM.disekolah juga adat guru yang mengajari kami khusus internet dan komputer,” ujar Bayu dan diamini Dipo.
 
 
Sebelumnya Jalusmin selaku Kepala Sekolah juga menyebutkan bahwa sekolah SMPN 2 Pintupihan memiliki misi moral untuk mendorong generasi muda di kawasan Pintu Pohan untuk mau bersekolah.
 
 
“Kami punya beban moral juga untuk mengajak generasi muda disini untuk bersekolah.dengan jumlah siswa/i sekolah saat ini, di desa lingkungan sekolah masih ada beberapa anak anak yang sudah enggan sekolah. 
 
 
Inilah menjadi salah satu tugas tambahan bagi kami para guru guru di SMPN2 Pintupohan,kami berupaya membujuk aparat anak anak tersebut supaya mau kembali ke sekolah. Biasanya masalah keluarga. 
 
 
 
Seiring perjalanan waktu, kami berupaya mendatangi pihak keluarganya ke rumah mereka dan berupaya membujuknya dengan berbagai cara supaya si anak dan pihak keluarga mau lagi sekolah serta keluarganya juga harus kita sadarkan betapa pentingnya pendidikan itu bagi masa depan anak anak mereka,” ujar Jalusman.
 
 
Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya mengaku senang dengan adanya bantuan infrastruktur jaringan internet dan Komputer bantuan dari PT INALUM (Persero) yang juga merupakan bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID.
 
 
Dimana bantuan yang diberikan saat ini benar benar yang sangat dibutuhkan sekolah dalam proses belajar mengajar di era digitalisasi saat ini.bantuan yang diberikan sangat berguna bagi pengembangan SDM. 
 
 
Bupati Poltak Sitorus meyakini dengan kemudahan fasilitas yang dibantu oleh PT Inalum (Persero) sebagai bagian dari 
 
holding industri pertambangan MIND ID, siswa/siswi SMP Negeri 2 Pintu Pohan 
 
Meranti akan mampu menembus SMA unggul yang ada di Kabupaten Toba.
 
 
“karena pembangunan pendidikan harus didukung dengan pembangunan sarana dan prasarana yang benar-benar sangat dibutuhkan sekolah, dalam penerapan metodologi pembelajaran khususnya disituasi Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari dua tahun.
 
 
Membangun sumber daya manusia yang unggul dan andal adalah salah satu misi dalam mewujudkan visi Toba unggul 
 
dan bersinar, untuk itu pendidikan harus menjadi prioritas dalam pembangunan di kawasan Toba. 
 
 
Karena meskipun berada cukup jauh dari pusat kota dan banyak sekolah swasta yang berada di sana, para guru dan siswa SMPN 2 Pintu Pohan bakal lebih percaya diri untuk menghadapi kemajuan zaman dengan pemberian bantuan fasilitas jaringan internet oleh PT.INALUM (Persero). Karena jendela dunia kini berada di ujung-ujung jari manusia oleh karena kehebatan tehnologi internet diera modern saat ini,” ucap Poltak.