MADINA - Jalan amblas di Desa Sopotinjak Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina), dikeluhkan warga khsusnya bagi pengguna jalan. Jalan amblas itu sudah terjadi sejak dua pekan terakhir akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu yang menghubungkan 5 Kecamatan itu.Sehingga sebagian badan jalan longsor.

Bahkan, sebuah truk yang melintasi dari kawasan tersebut sempat terprosok dua hari lalu dan nyaris terguling, untuk menghindari jalan yang amblas tersebut.
Sementara hingga kini kondisi jalan tersebut masih mengalami kerusakan parah dan membahayakan bagi pengguna jalan.

Hanya pita warna kuning hitam terpasang dititik jalan ambles, sebagai penanda bagi pengendara yang melintas.
Kasatlantas Polres Madina, AKP Syamsul Arifin Batubara mengatakan, jalan ambles itu dipicu oleh tebing yang longsor di sisi jalan.

"Longsor terjadi akibat cuaca ekstrem dalam beberapa pekan terakhir, di mana wilayah tersebut sering diguyur hujan lebat," kata Syamsul, Senin (20/6//2022).

Dia mengimbau, agar para pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintasi jalan ambles yang berada di jalur Sopotinjak tersebut.
"Utamanya saat malam hari karena kurangnya lampu penerangan jalan, dan saat terjadi hujan karena jalur menjadi sangat licin," pungkasnya.

Sementara itu, pihak pemerintah daerah belum melakukan upaya penanganan jalan di titik jalan amblas tersebut. Namun, hanya saja sudah diberitahukan ke instansi yang menangani.

"Sudah dikoordinasikan ke dinas bina marga Propinsi Sumut..karena itu wewenang Propinsi..tks," ujar Kabid Bina Marga Dinas PUPR Madina, Evi Yanti saat dihubungi via WhatsApp.