ASAHAN - Masyarakat Kabupaten Asahan mengakui sejak beroperasinya Irian Supermarket Kisaran yang berada di Jalan Imam Bonjol, Kisaran, Kabupaten Asahan, memberikan dampak positif Sebab, dengan adanya pasar modern ini, roda perekonomian semakin membaik dirasakan seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat menengah kebawah.

Selain menciptakan lapangan kerja, Irian Supermarket Kisaran juga secara tidak langsung memberikan kesempatan kepada tukang becak, gojek dan pelaku UMKM sekitar untuk mengais rezeki.

Hal itu diungkapkan oleh Hendra Gunawan warga sekitaran Irian Supermarket Kisaran. Dirinya mengungkapkan, bahwa masyarakat sekitar merasa terbantu dibidang perekonomian.


"Aktivis di sekitar Irian Supermarket Kisaran kini terasa damai dan berkembang. Dulunya, sebelum adanya Irian, lokasi ini sangat sepi. Tapi dengan berdirinya Irian market, roda lerekonomian masyarakat sekitar berkembang pesat," ujar Hendra Gunawan.

Terkait adanya aksi demo beberapa waktu lalu di Irian Supermarket Kisaran, Hendra dan masyarakat lainnya merasa risih. Menurutnya, aksi itu malah mengganggu aktivitas masyarakat yang sedang berniaga dan bekerja.


"Masyarakat Kabupaten Asahan tidak suka dengan tindakan-tindakan sekelompok masyarakat yang dapat menimbulkan kericuhan, apalagi dapat mengganggu ketertiban aktifitas  masyarakat luas," tuturnya.


Senada dengan Rofi warga Kota Kisaran, dirinya mengatakan, ia sangat terbantu dengan adanya Irian market, karena produk yang dibutuhkannya sangat lengkap, terjangkau dan nyaman. Sehingga tidak ada alasan tidak belanja di Irian Market.


"Ibu-ibu juga banyak suka adanya Irian Supermarket ini. Selain lengkap, Irian Supermarket juga banyak menyajikan promo yang sangat membantu hematnya kebutuhan rumah tangga. Market ini jadi pusat perbelanjaan kami. Bahkan di luar kota Kisaran merupakan tempat yang paling diminati. Pasalnya pusat belanja tersebut menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat," ungkapnya.


Di Irian Supermarket tersedia kebutuhan rumah tangga, fashion, tempat tongkrongan, jajanan, kebutuhan gaya hidup, permainan games, bioskop, permainan untuk anak sekaligus mendukung program Kota Layak Anak. Irian market  juga kerab dijadikan ruang interaksi sosial masyarakat. Karena mudah dijangkau dari berbagai akses yang berada di inti Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Sehingga ribuan orang menjadikan Irian Market tersebut sebagai lapak rezeki lewat aktifitas yang ada di Market Irian dan sekitaranya.


Selain menumbuh kembangkan roda perekonomian Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) serta menumbuhkan ekonomi masyarakat di sekitar market, keberadaan Irian Supermarket juga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Asahan. Terlihat dari pajak parkir dan hiburan.


“Tujuan hadirnya Irian Supermarket, memandang persoalan pendapatan ekonomi dan mendukung program Pemerintah. Bahkan Irian Supermarket juga telah membawa investor lain untuk berusaha di Irian Market ini. Diantaranya XX1 (Bioskop,red), Pengusaha IZON (Wahana Bermain Anak,red) dan INUL VISTA (Karauoke Keluarga,red)," kata Manager Marketing Irian Market Grup Pusat, Eka Surya saat berbincang dengan sejumlah Wartawan.


Eka juga menjelasakan, keberadaan Irian Supermarket bukan saja menumbuhkan perekonomian Asahan, namun juga tetap peduli kepada warga Kabupaten Asahan. 


"Setiap tahun Irian Supermarket membuat program sosial yang langsung menyentuh masyarakat. Diantaranya bagi sembako, memberikan beasiswa, membagikan daging Qurban, membangun taman baca di Kecamatan Tinggi Raja dab memberikan makanan gratis dan lainya," ungkapnya.


Kemudian, sambung Eka, produk UMKM lokal Kabupaten Asahan sangat dimanjakan oleh pihak Irian Supermarket, dengan diberikannya tempat untuk UMKM menjual produknya.


“Ini sudah menjadi komitmen kita dari awal dibangunya Irian ini. Yakni membantu produk UMKM untuk dipasarkan, juga yang perpenting sampai dengan saat ini Irian Supermarket Kisaran telah mempekerjakan pemuda pemudi asli Asahan yang memang merupakan bagian dari komitmen Irian untuk membuka lapangan kerja di Kabupaten Asahan. Bila ada saran dan kritik sampaikan dengan santun ke managemen," paparnya, sembari berharap kedepan keberadaan Irian semakin baik bagi masyarakat. 


Terkait PAD, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Asahan, Dahrun menjelasakan, bahwa Irian market merupakan penyumbang PAD yang tetap komitmen.

"PADnya cukup besar. Pihak Irian Supermarket juga sangat komitmen dalam penyumbang PAD," jelas Dahrun.

Terpisah, pihak Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koprindak) Kabupaten Asahan bahwa market Irian tetap koperatif terkait aktifitas perdagangan yang dilakukan.

"Sangat koperatif, apalagi bila ada persoalan perdangangan, misalnya kelangkaan minyak goreng, mereka tetap berkomunikasi dengan pemerintah demi tetap dapat melayani kebutuhan masayarakat Asahan," terangnya.