SERGAI - Sebagai pencegahan awal, Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai melakukan fogging di empat desa terdiri Desa Sialang Buah, Leberia, Pematang Kuala, Desa Pekan Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu. Kepala Dinas Kesehatan Sergai, Selamat Hartono kepada wartawan Kamis (16/6/2022), menyebutkan fogging yang dilakukan di empat desa guna ini untuk mengantisipasi penularan penyakit malaria. 
 
Selamat mengharapkan masyarakat untuk hidup sehat, dengan memperhatikan kondisi pemukiman baik selokan parit, menguras bak mandi agar nyamuk tidak bersarang. Sebab fogging ini hanya sesaat.
 
"Fogging ini sifatnya sesaat,  kepada masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat karena peran masyarakat yang paling dibutuhkan dalam upaya pencegahan penyakit," kata Selamat Hartono.
 
Ia juga meminta tenaga kesehatan dari Puskesmas agar memberikan pelayanan kesehatan terhadap penyakit menular dan tidak menular terus aktif jemput bola, jangan hanya bekerja di kantor, namun harus aktif ke tengah masyarakat sehingga apa yang terjadi di tengah masyarakat dapat diketahui.
 
Data saat ini lanjut Selamat Hartono terdapat 5 warga yang positif malaria di Desa Sialang buah bedasarkan hasil leb puskesmas Teluk Mengkudu dan tetap dalam pantauan Dinkes Sergai.