MEDAN - Satu jamaah calon haji (Calhaj) yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4, gagal berangkat menunaikan ibadah haji lantaran hamil. Jamaah tersebut merupakan warga Komplek Panca Budi berusia 41 tahun. Sedangkan jamaah calon haji yang berangkat menuju Tanah Suci sebanyak 391 orang. 
 
Sebelum berangkat ke Arab Saudi seluruh jamaah calon haji tersebut mendapatkan arahan dari Staf Ahli Menteri Agama Bidang Administrasi dan Good Goverment, Hasan Basri Sagala yang melakukan kunjungan kerja di Medan, Selasa (14/6/2022). 
 
Tampak hadir pula Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Nasution bersama sang istri yang juga Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu. Ada juga Kepala Kantor Kemenag Kota Medan, Impun Siregar juga Ketua MUI Kota Medan, Hasan Matsum.
 
"Alhamdulillah kita harus bersyukur. Di tahun ini pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelaksanaan ibadah haji walau hanya 50% seluruh dunia dan mudah-mudahan kedepan bisa 100%. Sehingga tidak lagi kita berpanjang menunggu antrian haji," katanya di depan jemaah. 
 
Dalam kesempatan itu ia mendoakan agar jemaah seluruhnya selalu dalam keadaan sehat wal afiat tiba di Tanah Suci. Ia juga mengingatkan bahwa kondisi cuaca di sana saat ini sudah tercatat 48 derajat celcius. 
 
"Karena itu saya minta kepada kita semua untuk menjaga kesehatan. Jangan buru-buru melaksanakan kegiatan seremonial sehingga melupakan rukun wajib haji terlupakan. menjalankan ibadah khawatir nanti rukun wajib haji terlupakan. Kedua, mari kita jaga situasi kondisi dan juga prilaku kita semua. Menjaga nama baik kita, nama baik negara kita dana nama baik presiden kita," tersangnya.
 
Ia juga mengingatkan agar jemaah bisa melaksanakan ibadah sebaik-baiknya dan serta luruskan niat bahwa berangkat haji ini tidak lain dan tidak kurang untuk niat kepada Allah SWT. 
 
"Intinya niat karen Allah Lillahi Ta'ala. Mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur," pungkasnya