MEDAN –Setelah hadir lebih dari delapan tahun, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah melayani banyak masyarakat dalam hal perlindungan kesehatan.  
 
Keunggulan utama dari program pemerintah ini adalah layanan proteksi perawatan kesehatan atas sebagian besar penyakit.

Hampir semua penyakit ditanggung dan dijamin seumur hidup oleh Program JKN. Tanpa butuh medical check up sebelum mendaftar sebagai peserta, juga tidak adanya ketentuan pre-existing condition membuat program yang bersifat gotong royong ini, sangat bermanfaat bagi peserta.

Di tengah kesibukannya, Winda Syahfitri Br Sitepu (31) bersedia membagikan ceritanya soal menjadi peserta Program JKN, Selasa (14/6/2022).

Meskipun belum pernah memanfaatkan Program JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, Winda tetap merasa bersyukur dan terbantu dengan hadirnya BPJS Kesehatan di tengah masyarakat. Menurutnya, Program JKN mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan.

“Saya bersyukur sekali dengan adanya BPJS Kesehatan ini, saya sangat terbantu. Umumnya bagi kalangan masyarakat ini dapat mempermudah untuk berobat ke rumah sakit,” ungkap Winda sebagai salah satu peserta Program JKN dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang telah didaftarkan perusahaan tempatnya bekerja sejak tahun 2017.

Merujuk Pasal 34 Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020, Pekerja Penerima Upah (PPU) saling subsidi pembayaran iuran dengan ketentuan pekerja membayar iuran Program JKN sebesar satu persen dari total gajinya dan pemberi kerja membayar iuran empat persen dari total gaji pekerja dengan batas gaji maksimal yang diperhitungkan sebesar dua belas juta rupiah.

Dengan banyaknya jenis penyakit yang masuk dalam tanggungan Program JKN, serta jumlah kepesertaan Program JKN yang kian bertambah, Winda juga berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat.

Sambil tersenyum, Winda tetap berharap agar iuran Program JKN dapat menjadi lebih terjangkau agar banyak masyarakat yang ikut serta menjadi peserta program ini.

“Semoga harapan ke depannya BPJS Kesehatan semakin sukses dalam pelayanannya ke masyarakat,” harap Winda.