MEDAN - Mendapat amanah dan penghargaan untuk memandu jamaah calon haji (Calhaj) pada musim haji tahun 2022, menjadi kebahagian yang dirasakan H Irhamuddin Siregar. Seiring dengan hal tersebut, Irhamuddin yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumatera Utara (DMISU) menjadi satu dari 20 Petugas Haji Daerah (PHD) tingkat Provinsi mengaku siap berkoordinasi dengan seluruh petugas haji untuk memandu jamaah calhaj dan memberikan pelayanan terbaik.
 
Irhamuddin merupakan satu dari dua petugas haji daerah (PHD) tingkat Provinsi dan Kabupetan Kota yang mendapat kepercayaan memandu kelompok terbang (Kloter) 2, bersama lima petugas haji lainnya, untuk memandu jamaah calon haji. Mereka akan memandu sebanyak 391 jamaah asal Binjai, Serdang Bedagai, Karo, Tebing Tinggi dan Labuhan Batu Selatan. 
Ditemui disela-sela pemberangkatan jamaah Calhaj Kloter 2, Minggu (12/6/2022) Irhamuddin mengatakan akan menjalankan kepercayaan yang diberikan Gubernur Sumut dan Wakil Guberbur Sumut sebagai pemandu haji daerah. 
 
"Terima kasih kepada bapak gubernur dan wagub yang telah mempercayakan amanah ini pada kami. Dan insyaallah tugas akan kami laksanakan sesuai tupoksi kami sebagai pemandu pemandu haji daerah," ujarnya.
 
Ia menambahkan untuk tahap awal menjalankan amanah tersebut, pihaknya telah mengawali dengan melakukan pembinaan kepada ketua-ketua rombongan (Karom). Langkah ini sebagai upaya penguatan agar saat berada di tanah suci, tanah haram di mekkah jamaah tidak ada yang bermasalah.
 
Telebih, saat masih berada di Asrama Haji terdapat sedikit permasalah, sebab ada jamaah asal Labusel yang kehilangan kartu kesehatannya.
 
 "Tapi Alhamdulillah, dengan sigap petugas kita khususnya dokter kita TPHD dan semua lah petugas insya Allah itu sudah selesai," ujarnya.
 
Apalagi lanjutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh, saat ini suhu udara di Arab Saudi saat ini mencapai 45 derajat celsius.
 
 "Sangat panas. Mudah-mudahan kloter 2 ini bisa sampai di sana tidak ada masalah," ujarnya. 
Ia tidak menampik jika ini menjadi salah tugas yang tidak mudah, saat diberikan amanah oleh gubernur dan wakil gubernur untuk memastikan bahwa jamaah tidak ada yang bermasalah.
 
“Inilah yang tugas kami sebenarnya, yang mudah-mudahan Allah berikan kemudahan karena di sana pada saat ini cukup panas,” ujarnya.
 
Ia menambakan saat ini kondisi jamaah secara keseluruhan mayoritas sehat. Namun ada beberapa jamaah asal Binjai, Tebing Tinggi dan SerdangBedagai yang dibantu dengan alat bantu seperti kursi roda. “Memang pengabdian dan amanahnya, membatu , menolong dan berkomunikasi dengan jamaah sekarang membantu menolong,” pungkasnya.