SIBOLGA - Intensitas hujan curah hujan cukup tinggi yang melanda Kota Sibolga dan sekitarnya sejak Sabtu (11/6/2022) semalam, mengakibatkan 2 unit rumah warga di Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara diterjang tanah longsor. Satu rumah yang berada tepat di kaki perbukitan di Jalan Oswald Siahaan, mengalami rusak parah akibat material longsoran tanah dan lumpur menerjang dan memenuhi seisi rumah. Sementara yang satunya hanya terkena dibagian belakang rumah atau dapur.
 
Terpantau di lokasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Sibolga dan dibantu oleh warga setempat, berusaha mengevakuasi dan membersihkan material tanah longsor.
 
Lurah Sibolga Ilir Linda Simamora menjelaskan, peristiwa longsor itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. Beruntung keadaan rumah tidak sedang dihuni, sehingga tidak ada korban jiwa.
 
“Pihak kita mendapatkan informasi dari warga, bahwa ada terjadi longsor di wilayah kelurahan Sibolga Ilir yang menerjang 2 rumah warga. Jadi kita saat ini melakukan evakuasi material longsor,” kata Lurah.
 
Sementara itu, Milson Silalahi keluarga korban menyampaikan, terjangan longsor mengakibatkan perabotan dan seisi rumah serta 3 unit sepeda motor, turut tertimbun material longsor, sehingga kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
 
“Akibat terjangan longsor itu semalam, mengakibatkan rumah dan seisinya sudah tertimbun longsor, termasuk 3 unit kendaraan roda 2 kami (korban) didalamnya” Ungkapnya.
 
Untuk sementara, para korban saat ini memilih untuk mengungsi di rumah kerabatnya, mengingat keadaan rumah yang rusak parah dan cuaca yang masih kurang baik.