MEDAN - Senyum sumringah terpancar dari wajah jamaah calon haji (calhaj) yang akan menunaikan rukum Islam kelima tahun 1443H/2022. Rasa syukur dan bahagia juga terungkap, karena mereka beruntung masuk kuota setelah tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19. Seperti diungkapkan jamaah asal Medan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1, Murniati yang akan diberangkatkan menuju Madinah, Sabtu (11/6/2022) sekira pukul 21.30 Wib.
 
Murniati (62) di dampingi adik iparnya, Novida Tanjung (52) mengaku sangat bersyukur bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Apalagi penantian untuk dapat menunaikan ibadah ini sudah lama ditunggu.
 
Novita menambahkan, untuk keberangkatan tahun ini mereka berangkat 4 orang, bersama suami dan adik iparnya.
 
Sejumlah persiapan juga sudah dilakukan agar bisa menunaikan ibadah haji nantinya. Selain semangat juga dengan menjaga kesehatan.
 
Hal senada juga diungkapkan Dina Adelina Harahap (24) yang berangkat bersama kedua orangtua dan kakaknya.
 
Dia mengaku sangat bersyukur bisa menunaikan rukun Islam kelima. Meski awalnya tidak menduga akan berangkat tahun ini, sehingga semua terasa mendadak.
 
Namun demikian, akunya, sejumlah persiapan juga sudah dilakukannya. Seperti manasik haji dan melihat pelaksanaan haji melalui Youtube serta membaca buku panduan ibadah haji.
 
Tidak jauh berbeda dengan Afif Ahmad Assyiddiqi. Pria berusia 20 tahun itu juga mengaku sangat bersyukur bisa menunaikan ibadah.
 
Afif yang ditemui disela-sela penerimaan jamaah calhaj Kloter 1 ini mengaku, sebenarnya di tahun 2019 sudah bisa menunaikan ibadah haji. Hanya saja, saat itu usianya kurang dua bulan, sehingga masa keberangkatannya diundur jadi tahun 2020.
 
Namun karena pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas Sumatera Utara Fakultas Pertanian semester 4 ini, harus bersabar dan menunggu untuk bisa berangkat, sehingga setelah dua tahun, ia sangat bersyukur tahun 2022 ini bisa melaksanakan ibadah haji bersama ibunya.