PALAS - Ketua Badan Pemangku Adat (BPA) Kabupaten Padanglawas (Palas) kukuhkan Batara Guru Gorga Junjungan Hasibuan sebagai Ketua BPA Luhat Sosa Julu melalui sidang adat. Pengukuhan tersebut digelar di Bagas Godang Desa Hurung Jilok, Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Palas, Kamis (2/6/2022).
 
Ketua BPA Kabupaten Padanglawas, Sutan Parlidungan Hasibuan berharap dengan dikukuhkannya Arion Batara Anggina Hasibuan gelar Batara Guru Gorga Jungjungan Hasibuan mampu mengemban tugas dan amanah untuk kegiatan adat istiadat.
 
"Sebagai pemangku adat di luhat Sosa Julu diharapkan memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan budaya adat daerah agar janagan terkikis oleh pengaruh budaya modren atau oleh suatu sistim zaman digital saat ini," pintanya.
 
Ia juga berharap, dengan dikukuhnya Ketua BPA di Luhat Sosa Julu ini mampu melestarikan budaya adat istiadat daerah yang harus dijaga dan dilestarikan dengan baik ditengah kehidupan bermasyarakat.
 
Sutan Parlindungan menambahkan, 
pengukuhan Ketua BPA yang baru ini  untuk mengisi kekosongan Ketua BPA yang sebelumnya diemban oleh Alm. Pompi Bonardo Martohap Hasibuan gelar Mahodum Bosar Hasibuan sebagai Ketua BPA Luhat Sosa Julu.
 
Ketua BPA Luhat Sosa Julu yang baru dikukuhkan,Arion Batara Anggina Hasibuan berjanji siap bekerja dengan semaksimal mungkin untuk melestarikan adat istiadat ditengah masyarakat.
 
"Saya berterima kasih kepada BPA Kabupaten Palas yang telah mempercayakan saya mengemban amanah Ketua BPA di Luhat Sosa Julu untuk bidang adat daerah," tuturnya.
 
Ia menambahkan, amanah ini merupakan tanggung jawab yang sangat berat dan  besar bagi kami.Diharapkan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan Tokoh Adat Luhat Sosa Julu demi kemajuan budaya dan adat.
 
Hadir  di sidang adat tersebut, Penasehat BPA Kabupaten Palas, Patuan Banggor Harahap, Tongku Imbang Daulay serta Kahanggi dan Anakboru yang ada di daerah Luhat Sosa Julu.