SERGAI - Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, Drainase di wilayah Desa Bandar Negeri- Panombean Kecamatan Bintang Bayu, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (31/5/2022) diperkirakan sampai tiga selesai diperbaiki. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sergai, Johan Sinaga mengatakan, kurang lebih ada sekitar 10 meter drainase tersebut rusak dan saat ini langsung di perbaiki.

"Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan baju jalan tergerus dan terkikis begitu juga terlihat ada kerusakan yang tidak wajar," papar Johan Sinaga.

Menurutnya, air yang seharusnya ditampung masuk ke drainase tidak bisa mengalir. Bahu jalan yang terkikis tersebut selanjutnya menggerus dinding penahan pasangan batu drainase. Karena tidak adanya lagi dinding penahan untuk pasangan batu drainase, maka bagian tersebut mengalami kerusakan,” jelasnya.

Hasil dilapangan juga terlihat ada bekas ban mobil tepat di pinggir bahu jalan, kita juga menduga, tekanan ban dari mobil yang terlalu kepinggir memperparah kondisi drainase hingga tumbang. 

"Kerusakan itu mutlak menjadi tanggung jawab pihak kontraktor selama masih 180 hari kalender sejak akhir bulan Desember 2021 lalu, yang artinya masih dalam masa pemeliharaan pekerjaan dan diperkirakan dua atau tiga hari kedepan juga sudah selesai di perbaiki" pungkas Johan Sinaga.