PALAS - Sebanyak 306 bakal calon Kepala Desa dari 107 Desa yang akan Pilkades mengikuti seleksi tahapan seleksi penyampain visi misi dan wawancara, didua titik lokasi yaitu Aula Kantor Camat Sosa dan Aula Kantor Camat Barumun Selatan, Kamis (26/5/2022). Ada 5 tim penguji dari Pemkab Palas melibatkan Inspektorat, BPKAD, Kesbang Linmas dan Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (PMD) untuk seleksi wawancara.
 
Balon Kepala Desa dipanggil satu persatu secara bergantian untuk sesi penyampaian visi misi dan wawancara.
 
Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Palas, Faisal Amri Siregar SIP MM melalui Kabid Pemdes M.Yusuf Hutajulu ST didampingi Kabid Pembangunan Nirwan Harahap mengatakan, seleksi ini dilaksanakan selama 3 hari dibagi dalam 3 zona yaitu Eks Sosa,Eks Barumun Tengah, Eks Barumun.
 
Untuk zona I eks di Kecamatan Sosa, zona II di Kecamatan eks Barumun dan zona III eks Barumun Tengah yang diikuti 306 balon Kepala Desa se-Palas.
 
“Seleksi wawancara dan penyampaian visi misi ini dilakukan selama 3 hari secara bergiliran bagi setiap balon kades yang mencalon diri dalam pemilihan kepala desa," terang Yusuf.
 
Kata Yusuf, usai seleksi wawancara dan penyampaian visi misi, dilanjutkan tahap seleksi uji kompetensi yang akan dilaksanakan, Sabtu (28/5/2022).
 
"Setelah seleksi tahap akhir uji kompetensi akan diketahui hasil keseluruhan dan akan ditetapkan Calon Kepala Desa paling lambat 8 Juni 2022 yang berhak mengikuti pemilihan Kepala Desa 6 Juli mendatang," tutupnya.
 
Kegiatan seleksi penyampaian visi misi dan wawancara juga ditinjau oleh Plt. Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt.MM M.Si didampingi Kasatpol PP Damkar Agus Saleh Daulay dan Kepala Inspektorat Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar.