ASAHAN - Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) menggelar orientasi tatap muka (Orientama) untuk meningkatkan mutu dan semangat solidaritas pengabdian kader dalam berorganisasi.

Orientasi  bertema 'Dengan pelaksanaan kegiatan orientasi dapat meningkatkan mutu dan semangat solidaritas pengabdian berorganisasi', digelar di Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan, Jalan Mahoni Kisaran, Sabtu (21/5/2022).
Kosgoro yang berdiri 10 November 1957 ini merupakan salah satu KINO (Kelompok Induk Organisasi), disamping SOKSI dan MKGR, yang melahirkan Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar) pada 20 Oktober 1964.


Ketua DPD Partai Golkar, Efi Irwansyah Pane saat memberikan mater mengatakan pada pelaksanaan Kosgoro 1957 Orientasi Tatap Muka (Orientama) yang diselenggarakan Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 Kabupaten Asahan.

Efi banyak menceritakan sejarah terbentuknya Kosgoro 1957 yang mana tujuan berdirinya organisasi itu untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

 

"Kosgoro 1957 adalah koperasi yang bertujuan untuk membantu pemerintah dengan cara meningkatkan perekonomian rakyat," kata Efi.

 

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Dodi Riswanda Sitorus mengungkapkan orientasi tersebut diikuti 80 peserta yang terdiri dari Pengurus PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Asahan, pengurus Gerakan Persatuan Perempuan Kosgoro (GP2K) Kabupaten Asahan, pengurus Barisan Muda (BM) Kosgoro dan Pimpinan Kolektif Kecamatan (PKK) Kosgoro se-Kabupaten Asahan.


Dodi juga menerangkan, tujuan dari orientasi tersebut untuk meningkatkan mutu dan semangat solidaritas pengabdian kader dalam berorganisasi.

"Kegiatan ini dinarasumberi oleh empat orang yaitu Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan, Efi Irwansyah Pane, MKM, Pengurus PDK Kosgoro 1957 provinsi Sumatera Utara, Drs.Ampon Bahrumsyah, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Fraksi Golkar, Viktor Silaen, SE, MM dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Asahan, Erwin Syahputra SH MH," terang Dodi Riswanda.

Kata Dodi, Orientasi ini dilakukan berdasarkan perintah dari Pimpinan Pusat Kolektif Kosgoro 1957 agar seluruh daerah melaksanakan orientasi tatap muka.

Di tempat yang sama, Ketua PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Asahan, Darwin Tambunan menegaskan, agar para kader Kosgoro 1957 Asahan menjadi kader yang benar-benar kuat dan harus lebih baik serta lebih besar dari sebelumnya.

"Caranya, Kosgoro 1957 Kabupaten Asahan konsisten melakukan pengembangan peningkatan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan koperasi yang bergerak disektor perkebunan, pertanian, perikanan dan perdagangan yang menyentuh langsung terhadap masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Darwin Tambunan memaparkan, adapun sektor perkebunan pihaknya sedang menjalankan progam Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kecamatan Sei Kepayang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan beberapa pihak. Kemudian untuk pertanian Kosgoro menjalankan program ketahanan pangan berupa tanaman jagung bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gakpoktan) Gapoktan di Desa Pandang Mahondang, Kecamatan Pulau Rakyat.

Untuk sektor perdagangan Darwin memaparkan, bahwa koperasi Kosgoro akan melakukan kerjasama dengan perusahaan minyak goreng jenis curah jmdengan berperan sebagai distributor minyak curah dan terakhir disektor perikanan, Kosgoro sedang melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan

"Semua usaha ini melibatkan para kader Kosgoro 1957 di tingkat Kabupaten dan Kecamatan," ulasnya.

Terakhir, Ketua DPK Kosgoro 1957 Provinsi Sumatera Utara, Rija Fakhrumi Tahir mewajibkan para pengurus tingkat Kabupaten dan Kecamatan agar melakukan pengkaderan secara luas di Kabupaten Asahan.

"Saya meminta kepada seluruh pengurus agar meningkatkan pengkaderan secara luas di Kabupaten Asahan ini," pungkasnya.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Ketua PDK Provinsi Sumatera Utara dan berjalan dengan saling berdialog serta berdiskusi.