MEDAN - Pimpinan Ombudsman RI, Jemsly Hutabarat mengapresiasi Polda Sumut atas suksesnya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama dalam penanganan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Seperti video viral yang beredar di media sosial Kapolda Sumut langsung turun ke lokasi penanganan mudik 2022 di beberapa titik lokasi kemacetan terutama di Jalinsum. 
 
Hal itu disampaikan Jemsly Hutabarat, saat melakukan kunjungan kerja bersama Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Utara, Abyadi Siregar ke Polda Sumut untuk bertemu dengan Kapolda membahas pendekatan baru dalam pelayanan publik.
 
"Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu sempat beredar video viral Kapolda Sumut yang turun langsung ke jalan untuk memantau lalu lintas arus mudik," ucap Jemsly, Selasa (17/5/22).
 
Menanggapi hal tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak mengungkapkan keberhasilan pelaksanaan Program Mudik 2022 juga dapat terjadi atas dukungan dari pemerintah pusat.  
 
"Mabes Polri memberikan dukungan transportasi udara berupa satu unit helikopter. Hal ini sangat membantu jajaran Polda Sumut dalam melakukan pemantauan ke daerah-daerah terpencil di Sumatera Utara," ujar Panca.
 
Sebagai penutup Jemsly Hutabarat, memaparkan berdasarkan hasil Penilaian Kepatuhan 2021 untuk wilayah Polda Sumatera Utara, dari total 27 Polres sudah terdapat sembilan Polres yang masuk dalam zona hijau.